WhatsApp dan Instagram Kembali Down Kemarin, Mengapa?

Kamis, 4 Juli 2019 11:28 Reporter : Indra Cahya
WhatsApp dan Instagram Kembali Down Kemarin, Mengapa? Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Aplikasi-aplikasi milik Facebook yakni WhatsApp dan Instagram kembali down. Meski masih bisa berkirim teks, dilaporkan layanan kirim dan unduh foto, video, dan pesan suara di WhatsApp tak bisa diakses secara normal.

Ketika foto tak bisa diunduh, WhatsApp memberi notifikasi "download failed" dan konten pun tidak bisa diunduh.

Kejadian ini tidak hanya dikeluhkan oleh pengguna di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Media The Independent via Tekno Liputan6.com menuliskan masalah serupa yang dialami oleh pengguna secara global.

Menurut laman pendeteksi website down, Down Detector, tumbangnya layanan WhatsApp ini terjadi di wilayah Inggris, Amerika Selatan, dan sejumlah negara termasuk Indonesia. Di website tersebut, jumlah laporan mengenai tumbangnya layanan WhatsApp meningkat beberapa jam terakhir.

Tak hanya WhatsApp, layanan lain milik Facebook, yakni Instagram juga dilaporkan tumbang.

Situs Down Detector mencatat, selama satu jam terakhir jumlah laporan tumbangnya Instagram meningkat tajam. Seperti WhatsApp, pengguna Instagram di negara-negara Eropa seperti Inggris, Swedia dan lain-lain terdampak masalah ini.

Demikian juga pengguna yang ada di Amerika Serikat, sebagian Asia (termasuk Indonesia), dan sebagian Afrika terdampak oleh tumbangnya layanan Instagram. Menurut laporan pengguna, mereka tidak bisa mendapatkan update gambar-gambar terbaru yang diunggah di Instagram.

Selain itu, sebagian pengguna mengaku tak bisa mengunggah Instagram Stories dan gambar di feed Instagram.

 

Prediksi Penyebab Instagram dan WhatsApp Down

Masalah teknis di Instagram dan WhatsApp ini muncul tepat sehari setelah adanya permasalahan di Cloudflare. Cloudflare adalah layanan pengiriman konten dan keamanan yang digunakan oleh banyak situs, seperti OKCupid, Peloton, Feedly, Discord, serta ironisnya Down Detector.

Padamnya Cloudflare sendiri disebabkan oleh persebaran software yang buruk. Diduga padamnya salah satu server di Facebook juga disebabkan hal yang sama, sehingga WhatsApp dan Instagram sulit diakses. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. WhatsApp
  2. Instagram
  3. Facebook Down
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini