Ulasan lengkap soal kamera canggih iPhone X dan iPhone 8, pecinta foto wajib masuk!

Rabu, 13 September 2017 14:50 Reporter : Indra Cahya
iPhone X dan iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - para pecinta fotografi mobile tentu tertarik dengan peluncuran iPhone terbaru, yang selalu menjanjikan kualitas fotografi terbaik dari perangkat smartphone.

Tentu, kamera tak akan pernah ketinggalan untuk jadi primadona dalam event iPhone. Mari kita mulai ulasan dari iPhone X.

Spesifikasi kamera iPhone X

Di iPhone X, terdapat dual kamera dengan konfigurasi vertikal masing-masing mengusung sensor 12MP dengan bukaan f/1.8, serta lensa telephoto dengan sensor 12MP dan bukaan f/2.4 dengan kemampuan 2X zoom. Satu yang baru, adalah tambahan stabilisasi optikal atau OIS yang terpasang di dua modul kamera.

Dual OIS iPhone X ©2017 Merdeka.com

Sensor yang digunakan di iPhone X ini diklaim berukuran lebih besar dari iPhone generasi sebelumnya. Hal ini tentu berpengaruh kepada hasil foto yang juga lebih baik. Terdapat juga fitur menarik seperti video 4K dengan frame rate 60 fps, serta kemampuan mengambil video full HD dengan frame rate 240 fps yang mampu memberi hasil slow motion yang sangat lembut.

Terakhir soal hardware, konfigurasi dual kamera iPhone X berbentuk vertikal agar lebih ramah konten Augmented Reality yang sedang digalakkan Apple lewat ARKit-nya.

Portrait Lighting

Dalam aplikasi kamera iPhone X juga terdapat efek pencahayaan yang bisa diaplikasikan pasca foto diambil. Efek ini bisa menambah dramatisasi objek sesuai dengan pilihan lighting yang kita inginkan.

Efek lighting cerdas yang oleh Apple disebut "Portrait Lighting" ini berupa Studio Light, Contour Light, serta Stage Light. Mode Studio Lighting ini mampu meniru pencahayaan mirip studio foto, sementara contour light mampu menyorot fitur wajah dengan pencahayaan yang dramatis. Sementara Stage Light dapat memberi latar belakang hitam bagi foto Anda.

Countour Light iPhone X ©2017 Merdeka.com

Efek ini menggunakan deep learning yakni TrueDepth (yang juga digunakan untuk Face ID) guna memisahkan subyek dan latar belakang serta mempelajari bagian mana saja yang butuh diberi pencahayaan lebih dramatis.

Portrait Mode

Selain itu, moda portrait juga makin disempurnakan, di mana hasilnya akan jauh lebih alami layaknya bokeh asli menggunakan lensa jauh. Lagi-lagi, fitur TrueDepth juga digunakan untuk secara cerdas memisahkan subyek dari latar belakang dengan sangat rapi.

Di iPhone X terbaru ini, moda portrait pun kini juga bisa digunakan pada kamera depan. Sebelumnya, moda portrait hanya bisa digunakan di kamera belakang.

Cukup soal iPhone X, mari kita bahas soal iPhone 8.

Spesifikasi kamera antara iPhone X dan iPhone 8 memang terlihat sama. Salah satu kesamaan yang menarik dari iPhone 8 dan iPhone X adalah, Apple mengklaim bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengusung sensor dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini berarti kualitas hasil gambar yang tentu lebih baik.

Serupa dengan iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus juga mendapat update software kamera berupa efek lighting cerdas berupa Studio Light, Contour Light, serta Stage Light. Portrait Mode pun juga terpasang di lini iPhone 8 dengan pengembangan yang sama dengan di iPhone X.

Aspek video juga mengalami kenaikan pesat, dengan kemampuan merekam video Full HD dengan frame rate 240 fps yang sangat lembut untuk slow motion.

Tertarik? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. IPhone X
  3. IPhone 8
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.