Triasmitra dan Telkominfra Garap Proyek Kabel Laut Medan-Dumai

Rabu, 24 April 2019 18:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
Triasmitra dan Telkominfra Garap Proyek Kabel Laut Medan-Dumai Triasmitra dan Telkominfra. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) bekerjasama dengan PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkominfra) yang merupakan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) telah melakukan Kick Off Penggelaran Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Medan – Dumai yang diberi nama proyek DAMAI.

Proses penggelaran kabel optik proyek DAMAI sudah mulai berjalan sejak kuartal ketiga tahun 2018 dan ditargetkan akan beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2019. Sementara untuk penggelaran kabel optik yang menjadi kegiatan utama sudah dimulai sejak pertengahan April 2019 sampai dengan akhir Juli 2019.

"Proyek Medan – Dumai Cable System (DAMAI) ini sendiri memerlukan kabel optic sepanjang 572 km, yang terbagi menjadi 2 segmen yaitu segmen Medan – Panipahan sepanjang 247 km dan segmen Panipahan – Dumai sepanjang 325 km. Kabel optic yang digunakan adalah kabel optic berkapasitas 24 cores (submarine) dengan jenis kabel optic G654 C," jelas Titus Dondi, CEO Triasmitra dalam keterangan persnya, Rabu (24/4).

SKKL Medan – Dumai Cable System (DAMAI) semakin melengkapi jaringan fiber optik yang dimiliki oleh Triasmitra setelah sebelumnya memiliki jalur Jakarta – Bangka – Batam – Singapura (B2JS) Cable System sepanjang 1070 km, Surabaya – Denpasar Cable System (SDCS) sepanjang 520 km, Ultimate Java Backbone (UJB) sepanjang 2.661 km dan Jakarta – Surabaya (Jayabaya) Cable System sepanjang 875 km yang selesai dibangun tahun 2018 lalu.

Sama halnya dengan jalur kabel optik yang sebelumnya telah dimiliki oleh Triasmitra, jalur kabel optik Medan – Dumai Cable System (DAMAI) ini setelah selesai dan digunakan nanti akan dikelola oleh Triasmitra melalui anak usahanya yaitu PT Triasmitra Multiniaga Internasional (TMI). [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Infrastruktur
  2. Internet
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini