Kaleidoskop Merdeka 2015

Tengok 10 aplikasi Android terbaik Google Play 2015 di Indonesia!

Sabtu, 5 Desember 2015 12:30 Reporter : Bramy Biantoro
Tengok 10 aplikasi Android terbaik Google Play 2015 di Indonesia! Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Merdeka.com - Tidak hanya sebagai pusat download aplikasi, Google Play Store telah menjelma menjadi toko serba ada untuk menikmati film, game, buku, sampai majalah digital.

Dan seperti tradisi mereka di tiap akhir tahun, Desember ini Google merilis deretan aplikasi-aplikasi terbaik untuk tahun 2015 untuk wilayah Indonesia.

Aplikasi-aplikasi terbaik ini dipilih langsung oleh tim Google Play berdasarkan kriteria utama seperti jumlah pengunduh (best seller), rating, dan pembaruan menarik yang diluncurkan sepanjang tahun 2015. Aplikasi apa saja yang masuk top 10 di Google Play Indonesia? Berikut ulasannya.

2 dari 11 halaman

Go-Jek

rev2Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Aplikasi pesan ojek buatan PT GO-JEK Indonesia ini cukup merajai Google Play di tahun 2015, terlebih berkat popularitas yang terus menanjak akibat banyaknya berita kontroversi yang bermunculan soal aplikasi ini.

Saat ini aplikasi GO-JEK sudah diinstal lebih dari 5 juta kali dan hanya membutuhkan memori kosong 10MB di gadget Android Anda. Meski saat ini, operasi GO-JEK masih berpusat di Jakarta, Go-Jek sudah bisa digunakan di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Bali.

GO-JEK juga menawarkan banyak fitur, seperti antar makanan, beli barang kebutuhan, sampai layanan antar tukang rias via ojek. Di kawasan JABODETABEK, GO-JEK mempunyai lebih dari 1000 pengemudi dan total bekerja sama dengan 15.000 restoran.

Download Go-Jek

3 dari 11 halaman

Traveloka

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!traveloka. ©2014 Merdeka.com

Bagi traveler Indonesia, aplikasi Traveloka mungkin adalah pilihan utama. Aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan, misalnya booking tiket pesawat atau kamar hotel di last minute.

Selain itu, aplikasi yang hanya sebesar 9,3 MB ini bisa dinikmati di perangkat Android minimal versi 4.0. Selain itu, pengguna bisa dengan mudah melihat dan memilih hotel yang pas, mengingat Traveloka sudah bekerja sama dengan TripAdvisor terkait rating hotelnya.

Download Traveloka

4 dari 11 halaman

Mivo

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Smartphone Anda tak dilengkapi dengan fitur TV? Jangan khawatir, karena aplikasi Mivo siap memberikan siaran TV lengkap tanah air via streaming video. Setidaknya ada 55 channel yang siap dinikmati di Mivo, sebagian channel Internasional.

Untuk channel Indonesia, ada Antara TV, Metro TV, Trans7, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara untuk channel internasional tersedia, Bloomberg sampai Al Jazeera.

Download Mivo

5 dari 11 halaman

BaBe

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Diklaim sebagai aplikasi berita terbaik untuk Android yang mengkurasi berita dari berbagai situs atau portal berita lengkap dan terpercaya, BaBe hadir dengan banyak fitur.

Misalnya, Rekomendasi untuk baca berita sesuai minat pengguna langsung di halaman depan aplikasi, Mode kilat untuk membaca berita tanpa loading dengan mode kilat atau cukup dengan satu tombol saja, hingga Topik Ngetrend untuk selalu mengikuti perkembangan berita terbaru setiap detik nya.

Aplikasi ini menyajikan lebih dari 20 variasi kategori antara lain: berita Politik, berita Gadget, berita Artis Selebritis, berita Sepak Bola, berita Film, berita Bisnis Ekonomi, berita Internasional, Anime, KPop dan masih banyak lagi.

BaBe juga hanya membutuhkan ruang kosong di memori smartphone 5,8MB saja. Aplikasi ini bisa dinikmati oleh pengguna gadget Android versi minimal 4.0.3.

Download Babe

6 dari 11 halaman

Tokopedia

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Tokopedia. ©2015 Merdeka.com

Aplikasi ini menawarkan kemudahan bagi pembeli untuk menemukan jutaan produk dengan harga terbaik dari berbagai toko online di Indonesia. Di sisi lain, Tokopedia membuat penjual bisa dengan mudah mengelola toko online mereka kapan dan di mana saja.

Menggunakan aplikasi ini pembeli juga dapat mengurutkan produk sesuai keinginan (harga termurah, penjualan terbanyak, dll), melacak pesanan, mengirim dan membagikan informasi produk lewat media sosial dan aplikasi messaging, dan belanja lebih mudah dengan fitur Hot List, Wish List dan Notifikasi Harga.

Selanjutnya, penjual bisa mengelola bisnis online langsung lewat gadget, menerima notifikasi instan setiap ada pesanan, sampai mempromosikan produk ke jutaan calon pembeli dari seluruh Indonesia.

Aplikasi Android Tokopedia hanya memakan 12MB memori penyimpanan gadget dan membutuhkan sistem operasi Android minimal versi 4.0.3.

Download Tokopedia

7 dari 11 halaman

Sebangsa

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Aplikasi buatan PT Sebangsa Bersama kerap disebut sebagai jejaring sosial terbaik buatan anak bangsa. Di Sebangsa pengguna bisa menemukan, membuat, dan bergabung di +grup favorit. Termasuk, berinteraksi, berdiskusi dan berbagi di dalam +grup.

Sebangsa menawarkan navigasi terpadu dan terpusat di dalam sebuah Peluncur untuk kemudahan penggunaan dan pengaturan. Pengguna juga dapat dengan leluasa untuk melakukan kustomisasi navigasi.

Fitur keren lain yang ada di aplikasi ini adalah Sebangsa911 yang berisi Pesan Panik dan Pesan Jaga-jaga. Sebangsa 911

Di sebangsa911, Pengguna Sebangsa dapat meminta bantuan dan berkerjasama untuk menginformasikan kondisi darurat. Sementara di Pesan Panik pengguna dapat mengabarkan kondisi sangat darurat kepada orang terdekat. Pesan Jaga-Jaga membantu memonitor orang-orang terdekat Anda dengan mengirimkan titik-titik perjalanan dari GPS.

Ada fitur satu lagi, yakni Sebangsa 1800. Di sebangsa1800 pengguna Sebangsa dapat mengajukan pertanyaan, mengirimkan pengaduan, memberi saran dan mengulas sebuah penyedia layanan (brand) dari suatu produk dan atau jasa.

Sama seperti aplikasi lain dalam daftar ini, file instalasi  Sebangsa cukup keci8l, hanya 12MB. Menariknya, hanya dibutuhkan OS Android 2.3 untuk menjalankan aplikasi ini.

Download Sebangsa

8 dari 11 halaman

Dubsmash

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi Dubsmash. © Tech Crunch

Nah, ini dia aplikasi yang membuat heboh pertengahan sampai jelang akhir tahun ini, Dubsmash. Banyak artis ibukota yang menggunakan Dubsmash untuk membuat video lucu-lucuan yang menghibur.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video menggunakan suara yang sudah ada sebelumnya. Singkatnya, Anda bisa membuat semacam operet sederhana dengan Dubsmash. Anda juga bisa melihat video yang sedang trending.

Download Dubsmash

9 dari 11 halaman

Periscope

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Periskop memungkinkan Anda menyiarkan video secara live ke seluruh dunia. Saat Anda live, follower Anda akan langsung mendapat notifikasi. Mereka pun lantas bisa bergabung, komentar dan mengirimkan tanda suka lewat ikon 'Heart' atau hati secara real time. Semakin banyak ikon hati yang didapatkan, semakin tinggi potensi si video dilihat oleh banyak orang.

Periscope yang buatan Twitter ini mempunyai fitur REPLAY yang memungkinkan Anda membuat video yang telah selesai agar tersedia untuk replay dan ditonton nanti. Penonton dapat memutar ulang siaran Anda dan menambahkan komentar atau hati.

Aplikasi sosial media ini mempunyai ukuran file 13MB dan membutuhkan OS Android 4.4 untuk bisa bekerja.

Download Periscope

10 dari 11 halaman

Bestie

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Bestie adalah aplikasi kamera selfie Android buatan Camera 360 yang bisa memberikan efek selfie mengesankan. Tersedia filter untuk foto dan efek khusus yang dirancang untuk selfies. 

Lebih dari itu, Bestie dapat membantu pengguna memperbaiki 'ketidaksempurnaan' yang ada di foto selfie dengan fitur contouring dan retouching wajah cerdas. Fungsi lainnya seperti foto selfie collage dan kamera untuk kondisi cahaya rendah.

Aplikasi ini mempunyai ukuran file 21MB dan bisa dipasang di gadget dengan sistem operasi Android minimal 4.0.

Download Bestie

11 dari 11 halaman

Brainly

tengok 10 aplikasi android terbaik google play 2015 di indonesia!Aplikasi terbaik Google Play Indonesia. ©2015 Google Play/YouTube

Aplikasi satu ini mungkin adalah idaman pelajar di seluruh dunia. Ya, Brainly dibuat untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tugas pelajar, alias ilmu pengetahuan. Singkatnya, Brainly bisa dijadikan aplikasi belajar kelompok kapan saja di mana saja.

Lewat aplikasi ini, pelajar bisa saling bertanya sembari menjawab pertanyaan yang ada. Semakin banyak pertanyaan yang bisa terjawab, maka rangking otomatis akan naik, dari 'Beginner' sampai 'Genius'.

Menariknya, aplikasi ini seratus persen gratis dan menawarkan jawaban super cepat dari pengguna lain selama 24 penuh.

Download Brainly [bbo]

Baca juga:
Star Wars 'The Force is Strong kini hadir di aplikasi Waze
Keyboard ini sajikan emoji imut untuk para orang tua
Mataharimall pamer punya aplikasi iOS dan Android
WhatsApp blokir link yang menuju aplikasi chatting saingannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini