Telkom Speedy bermasalah, banyak warnet merugi

Jumat, 14 Maret 2014 22:09 Reporter : Dwi Andi Susanto
Telkom Speedy bermasalah, banyak warnet merugi Ilustrasi Internet. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kerugian yang dialami oleh sejumlah pemilik warung internet (warnet) di daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) cukup besar dikarenakan jaringan internet milik PT Telkom bermasalah.

Sejak hari Rabu (12/03) kemarin sampai hari ini (14/03), jaringan internet Telkom Speedy mengalami masalah. Tentu saja karena gangguan tersebut, banyak pelanggan atau penggunanya yang terkena imbas secara langsung.

Contohnya saja adalah para pemilik warnet. Seperti yang dituturkan oleh seseorang bernama Andi (32) pengelola Warnet Zaki, gangguan jaringan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan terus berlangsung lama.

"Saya sudah menghubungi Telkom Plaza Lubuk Basung terkait masalah ini dan informasi yang saya peroleh, kondisi ini hampir terjadi di seluruh Sumbar. Kemungkinan ini terjadi akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumbar," katanya, seperti dikutip dari Antara (14/03).

Kondisi ini menyebabkan tidak ada pengunjung yang datang ke warnet untuk mencari bahan sekolah dan kuliah, sehingga dia mengalami kerugian sekitar Rp200.000 per hari.

Ini diperhitungkan dari pendapatan warnet sekitar Rp250.000 setiap hari, dan semenjak jaringan bermasalah, pendapatan merosot tajam menjadi sekitar Rp50.000 per hari.

Pengelola Gybernet Padang Baru, Khairul (20) mengakui hal yang sama. Tidak ada katanya, pengunjung yang datang semenjak jaringan ini bermasalah.

"Mereka sudah mengetahui bahwa jaringan di Lubuk Basung lagi bermasalah dan mereka tidak datang ke warnet," katanya.

Khairul berharap jaringan ini secepatnya pulih agar tidak mengganggu pendapatan dari warnet tersebut.

Gangguan jaringan ini juga dikeluhkan pegawai Bagian Humas Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Hernandes (25). Ia mengatakan dengan kondisi ini dia tidak bisa mengirimkan berita ke blog Pemkab Agam.

"Saya sudah berulang kali untuk menaikkan berita, namun tidak konek," katanya.

Di tempat terpisah, petugas teknis Telkom Plaza Lubuk Basung, Tasman, mengatakan gangguan ini terjadi hampir di seluruh Sumbar, akibat ada gangguan pada sentral di Telkom daerah Kota Padang dan Bukittinggi.

"Kami sudah memberitahukan gangguan ini kepada Kantor Daerah Telkom di Padang dan Bukittinggi, setelah beberapa pelanggan mengeluhkan gangguan ini," katanya.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat, gangguan ini bisa diatasi dan jaringan akan lancar diterima pelanggan.

[das]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PT Telkom
  3. Internet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini