Teknologi NASA Ini Ternyata Ada di Kehidupan Sehari-Hari, Sudah Tahu?

Jumat, 13 November 2020 12:00 Reporter : Indra Cahya
Teknologi NASA Ini Ternyata Ada di Kehidupan Sehari-Hari, Sudah Tahu? Logo NASA. © vcpost.com

Merdeka.com - NASA mungkin punya prioritas untuk menangani berbagai hal terkait ruang angkasa. Namun NASA punya banyak dampak signifikan terhadap teknologi yang sehari-hari kita pakai di Bumi.

NASA sendiri merupakan sebuah laboratorium riset. Sejak 1976 NASA sudah memproduksi lebih dari 2000 teknologi ruang angkasa, yang tak selalu terpakai untuk misi ruang angkasa mereka. Namun teknologi tersebut ternyata berguna untuk para penduduk Bumi.

Berikut adalah beberapa inovasi dari NASA yang berguna di kehidupan sehari-hari.

Sensor Gambar Digital

teknologi yang dikembangkan oleh nasa

Teknologi yang dikembangkan oleh NASA © huffingtonpost.com

Selfie yang kamu lakukan tiap hari, foto yang kamu ambil menggunakan DSLR, atau video aksi yang kamu rekam pakai GoPro, itu semua menggunakan teknologi NASA.

Sensor pixel CMOS yang ada di seluruh perangkat kamera digital, ditemukan oleh NASA yang mau tak mau harus memperkecil ukuran kamera untuk kebutuhan memotret di ruang angkasa. Hal ini juga dipakai oleh dunia medis yang butuh kamera canggih untuk mendeteksi penyakit.

susu Formula Bayi

teknologi yang dikembangkan oleh nasa

Teknologi yang dikembangkan oleh NASA © huffingtonpost.com

Ketika menyiapkan persediaan untuk misi Mars, para peneliti dari NASA menemukan sumber asam lemak natural omega-3, yang sebelumnya hanya ada di air susu ibu. Bahan ini adalah yang terpenting dalam pertumbuhan bayi. Oleh karena itu, 90 persen susu formula yang ada saat ini, menggunakan temuan NASA tersebut untuk membantu seluruh bayi tumbuh dengan sehat.

Memory Foam

teknologi yang dikembangkan oleh nasa

Teknologi yang dikembangkan oleh NASA © huffingtonpost.com

Memory Foam adalah sebuah busa yang mampu menyesuaikan bentuk tubuh. Hal ini dikarenakan memory foam bereaksi dengan panas tubuh kita.

Seperti sebelumnya, teknologi ini ditemukan oleh peneliti NASA, yang mencari cara untuk membuat pilot lebih nyaman selama penerbangan ke ruang angkasa. Kini Memory foam digunakan untuk tempat tidur, sofa, sepatu, kursi bioskop dan bahkan helm.

Baca Selanjutnya: Makanan dan Lensa UV...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini