Smartphone harga Rp 1 jutaan ke atas bakal laris manis

Sabtu, 11 Februari 2017 11:45 Reporter : Fauzan Jamaludin
Smartphone harga Rp 1 jutaan ke atas bakal laris manis Ilustrasi Smartphone. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Di tahun 2017 diprediksikan pertumbuhan penjualan smartphone akan terus merangkak naik. Terutama pada segmentasi tertentu. Menurut CEO Erajaya Hasan Aula, di tahun 2017 ini smartphone harga Rp 1 juta ke atas bakal menjadi pemain utama di industri smartphone.

"Tahun ini kita lihat segmentasi saja, bukan soal brand asal Tiongkok atau mana. Tahun ini, segmentasi smartphone harga Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 3 jutaan bakal berkembang pesat. Ini bakal jadi pasar utama," jelasnya kepada awak media usai acara 'Kami Buatan Indonesia' di Jakarta, Jumat (10/2).

Besarnya pasar smartphone dengan kisaran harga tersebut, dilatarbelakangi juga dengan daya beli masyarakat dan berkembangnya industri lokal pendukung industri ponsel. Dikatakannya, berkembangnya industri lokal secara pasti akan berpengaruh terhadap keterjangkauan harga dari smartphone itu sendiri.

"Kita lihat dengan industri lokal sudah berkembang, kita tentunya ingin produk yang affordable supaya konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau," kata dia.

Selain pasar smartphone harga Rp 1,5 sampai Rp 3 juta yang akan berkembang, Hasan melihat smartphone dengan harga di atas Rp 3 juta sampai 5 juta juga akan merangkak naik. Hanya saja secara prosentase, akan besar di harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta.

"Segemen ini kira-kira menurut saya bisa menguasai angka 30 persen dari total smartphone," ungkap Hasan.

Hasan pun memprediksikan adanya kenaikan 10 persen penjualan smartphone secara total pada tahun 2017. Jika tahun 2016 diprediksikan ada sekitar 35 juta smartphone terjual, maka tahun 2017 diperkirakan 38 juta unit.

"Kalau 35 juta total smartphone terjual tahun 2016 lalu, tahun ini mungkin bisa 38 juta unit," jelasnya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Xiaomi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini