Smartphone Canggih dengan Kamera hingga 64 MP, Benarkah Ada?

Rabu, 21 Agustus 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Smartphone Canggih dengan Kamera hingga 64 MP, Benarkah Ada? Smartphone Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. ©Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Merdeka.com - Salah satu kelebihan smartphone paling dicari adalah kameranya. Semakin lama, kamera ponsel semakin canggih. Bahkan hampir menyaingi kamera DSLR. Meski begitu, hasil tangkapan kamera ponsel dengan kamera DSLR tetaplah berbeda.

Beberapa smartphone bahkan mengusung kamera hingga 64 MP. Dengan besarnya kapasitas kamera ini, tangkapan gambar akan jauh lebih bagus.

Lalu benarkah kamera yang terpasang di smartphone berkapasitas 64 MP? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Realme

Realme mengonfirmasi akan membawa smartphone berkamera 64MP pertama di dunia ke Indonesia. Bahkan, dalam sebuah sesi bersama awak media, perusahaan asal Tiongkok itu sudah memamerkan kamera 64MP yang menggunakan sensor milik Samsung itu.

Realme Camera Product Manager, Min, mengatakan smartphone Realme berkamera 64MP itu merupakan sebuah ponsel dengan empat kamera.

Meski begitu, pihak Realme belum mengungkapkan apa nama smartphone pertama di dunia yang mengusung kamera 64MP itu. Namun Min mengatakan, smartphone tersebut menggunakan teknologi sensor kamera 64MP Samsung tipe Isocell Bright GW1.

2 dari 3 halaman

Redmi

Tak hanya Realme, Redmi Xiaomi juga akan meluncurkan smartphone dengan kamera 64 MP. Sama seperti Realme, kamera 64 MP itu juga meminjam sensor milik Samsung. "Perangkat memiliki sensor Samsung 64MP GW1," sebut Lin Bin, Presiden Xiaomi.

Redmi juga akan menggunakan sensor GW1 yang dikembangkan oleh Samsung. Dan sensor ini bisa menangkap lebih banyak cahaya.

Cara kerja sensor GW1 mengandalkan sensor 16MP secara berkali-kali sehingga bisa menghasilkan gambar kamera beresolusi 64MP.

Namun belum diketahui apakan Redmi berkamera 64 MP ini akan rilis di Indonesia atau tidak.

3 dari 3 halaman

Samsung

Tak mau kalah dengan smartphone lain, Samsung juga mengusung smartphone berkamera 64MP. Samsung memperkenalkan dua sensor gambar terbaru, yaitu 48 MP ISOCELL Bright GM2 dan 64MP ISOCELL Bright GW1.

Dan Mei 2019, Samsung merilis Galaxy A70, smartphone yang dibekali dengan tiga kamera. Lensa kamera utama dan kamera depannya sebesar 32MP.

Kini, Samsung bakal merilis Galaxy A70S. Perangkat ini bakal menjadi smartphone pertama yang memiliki sensor kamera 64MP. Galaxy A70S ternyata sudah menggunakan sensor kamera Samsung ISOCELL Bright GW1.

Artinya, sensor kamera 64GB yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone. Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu, guna meningkatkan sensitivitas cahaya.

Belum lagi teknologi yang mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya. Sensor dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik. Nah, teknologi memungkinkan optimalisasi sensor, memanfaatkan cahaya yang dikumpulkan lebih efisien terutama di lingkungan terang.

Kamera juga mendukung perekaman slow motion 480fps pada resolusi Full HD, high dynamic range, serta dukungan teknologi deteksi fokus berkinerja tinggi.

Dengan begitu, 64MP akan jadi kamera smartphone yang sensor paling tinggi di pasaran. Saat ini, sensor kamera paling tinggi yang dipakai smartphone adalah 48MP milik besutan Samsung dan Sony. [has]

Baca juga:
Pemblokiran Ponsel BM Hanya Selesaikan Persoalan di Hilir
Gandeng Xiaomi, Samsung Perkenalkan Kamera Smartphone 108 Megapiksel!
Ini Bocoran Spesifikasi Redmi 8, Baterai Raksasa Harga Murah!
Kemkominfo Sebut Aturan Blokir Ponsel BM Masih Koordinasi
Oppo Segera Perkenalkan Reno 2, Empat Kamera Dengan 20x Zoom!

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini