Gandeng Xiaomi, Samsung Perkenalkan Kamera Smartphone 108 Megapiksel!

Selasa, 20 Agustus 2019 11:05 Reporter : Indra Cahya
Gandeng Xiaomi, Samsung Perkenalkan Kamera Smartphone 108 Megapiksel! Logo Samsung. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak lama setelah Xiaomi memberi teaser soal smartphone yang akan segera dirilis dengan kamera 108 megapiksel, kali ini Samsung secara resmi telah memperkenalkan sensor kamera tersebut.

Melansir Mashable, sensor ini bernama ISOCELL Bright HMX yang memang dikembangkan bersama antara Samsung dan Xiaomi. Samsung mengklaim bahwa sensor ini memiliki beberapa fitur unggulan yang hanya dimiliki oleh kamera DSLR papan atas.

Soal spesifikasi di atas kertas, sensor ini memiliki resolusi 108 megapiksel serta kemampuan recording video 6K atau 6.016x3.384 piksel di 30 frame per detik.

Ukuran sensor ini cukup besar, yakni 1/1,44 inci sehingga dapat mengakomodir piksel sebesar 0,8 mikron. Ukuran sensor ini setara dengan sensor 64 megapiksel besutan Samsung sebelumnya yang kebetulan belum terpasang di smartphone komersil hingga saat ini.

1 dari 2 halaman

Menggunakan Teknologi Pixel Binning

Sensor ISOCELL Bright HMX ini menggunakan teknologi Tetracell milik Samsung. Ini adalah teknologi yang berkonsep pixel binning yang menjadikan empat piksel jadi satu.

Sehingga pada dasarnya 108 megapiksel adalah 27 megapiksel namun dengan ukuran yang lebih besar dan menyerap cahaya lebih peka.

Di dalam sensor ini juga tersemat teknologi Smart-ISO yang dapat secara otomatis mengganti tingkatan ISO tergantung kondisi pencahayaan.

2 dari 2 halaman

Xiaomi Mi Mix 4

Kemungkinan, smartphone Xiaomi yang akan menggunakan sensor 108MP ini adalah Mi Mix 4. Dikabarkan, smartphone ini akan diluncurkan bulan depan dengan prosesor Snapdragon 855 dan fitur terbaru yakni kamera on-screen dan pengecasan 100W.

Kemungkinan besar, Mi Mix 4 sendiri akan menggunakan konektivitas 5G layaknya generasi sebelumnya yakni Mi Mix 3.

Soal adanya kamera 108MP ini, Mi Mix 4 akan mendapatkan peningkatan luar biasa dari generasi sebelumnya. Bagaimana tidak, Mi Mix 3hanya sekadar mengusung sensor 12MP dengan ukuran piksel 1.4 micron dan autofokus berbasis dual-piksel. [idc]

Baca juga:
Ini Bocoran Spesifikasi Redmi 8, Baterai Raksasa Harga Murah!
Kemkominfo Sebut Aturan Blokir Ponsel BM Masih Koordinasi
Oppo Segera Perkenalkan Reno 2, Empat Kamera Dengan 20x Zoom!
Alasan Ini Buat Samsung Note 10 Dicintai Orang Kidal
Benarkah Vendor Alat Blokir Ponsel Ilegal Bisa Intip Data Pribadi Pelanggan?
iPhone X ini Masih Menyala Meski Telah Tenggelam di Dasar Danau

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Xiaomi
  3. Samsung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini