Seperti inilah prediksi bentuk smartphone tahun 2040 mendatang

Jumat, 10 Agustus 2018 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Seperti inilah prediksi bentuk smartphone tahun 2040 mendatang Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Merdeka.com - Saat ini teknologi sudah berkembang jauh ketika komputer muncul pertama kali di dunia. Dulu, komputer dianggap sebagai kemajuan yang luar biasa, kini semuanya jauh lebih menarik ketika dunia sudah dalam genggaman.

Smartphone hadir dengan menawarkan sejuta pesona yang membuat manusia dapat melakukan banyak hal lewat smartphone. Jika di tahun 2018 ini sudah banyak smartphone canggih yang keluar, kira-kira bagaimana bentuk smartphone di tahun 2040 mendatang?

Tentunya akan jauh lebih canggih. Untuk itu, mari melihat bagaimana bentuk smartphone di masa depan yang syarat akan kecanggihan teknologi.

1 dari 6 halaman

Tampilan

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Kemungkinan di masa depan sebuah smartphone tidak akan hanya kehilangan jack headphone, melainkan port pengisi daya, tombol power, bahkan tombol volume. Itu tidak sulit diprediksi.

Untuk notch atau poni seperti yang sedang marak saat ini mungkin nantinya bakal 'mangkrak' di Museum Teknologi Seluler. Karena bukan tidak mungkin kamera depan, sensor, atau speaker bakal berada di bawah layar.

Melakukan panggilan video? Mungkin Anda dapat melihat orang lain tepat di depan mata.

2 dari 6 halaman

Kamera

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Tidak akan terlalu mustahil bahwa kamera smartphone di masa depan bakal lebih baik ketimbang mata Anda sendiri. Ultra slow-motion recording pada 16K bukan hal yang aneh lagi. Zoom optik hingga 20 kali bahkan bisa terwujud!

Kemampuan video dan foto inframerah? Bisa! Kamera termal juga? Kenapa tidak?

3 dari 6 halaman

Fitur keamanan

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Smartphone pada tahun 2040 tidak hanya akan mengenali wajah, suara, dan sidik jari Anda, mungkin nantinya smartphone juga bisa mengenali dari cara memegang Anda. Untuk privasi tambahan, smartphone tahun 2040 nantinya akan melacak mata dan piksel Anda di layar utama dengan menyesuaikan sudut pandang sehingga hanya Anda yang dapat melihat apa yang ada di dalamnya.

Suara juga akan dipancarkan kepada Anda secara eksklusif. Keren, kan?

Berbicara tentang pelacakan mata atau eye-tracking juga memungkinkan Anda untuk menggunakan smartphone tanpa jempol. Menggulir ke atas dan bawah saat membaca atau mengetik bisa dilakukan dengan gerakan mata. Ini akan menawarkan fungsi handsfree penuh.

4 dari 6 halaman

CPU, GPU, dan AI

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Smartphone di tahun 2040 memang diprediksikan dengan sangat canggih dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Saat ini AI mungkin lebih digunakan pada kamera yang membuatnya makin tajam dari segi gambar dan warna. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya AI bakal dapat memberikan informasi mengenai keuangan Anda berdasarkan pengeluaran, minat, dan penghasilan.

Bahkan, smartphone dengan AI bakal dapat mendeteksi anomali dalam kesehatan Anda berdasarkan informasi dari sensor )kamera, microphone, dll). Juga menganalisis keringat di jari-jari Anda. Mungkin itu tidak akan bisa mendiagnosis, namun akan mengenal Anda cukup baik untuk memberitahu kapan harus ke dokter.

Sedangkan untuk prosesor nantinya bakal support apa pun yang Anda jalankan melalui smartphone. Mungkin kerja prosesor akan ditangani oleh server komputasi cloud melalui koneksi ultra-fast 6G. Dan ini akan membuat komputer desktop segera punah.

5 dari 6 halaman

Storage

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Penyimpanan smartphone yang saat ini ada mungkin tertinggi adalah 512GB dan RAM 6GB. Untuk smartphone masa depan di tahun 2040 nanti, bukan tidak mungkin jika sebuah smartphone bakal memiliki RAM DDR7 32GB serta internal storage 10TB. Wow!

Ini akan dapat membuat sebuah smartphone jadi lebih banyak berguna untuk menyimpan file dalam jumlah besar. Tapi 10TB apakah itu mungkin? Menurut Phonearena (8/8), itu bukan suatu hal yang mustahil.

6 dari 6 halaman

ID Virtual

Smartphone masa depan. ©2018 phonearena.com

Berkat peningkatan keamanan dalam smartphone, nantinya Anda tidak perlu membawa ID atau SIM. Semuanya akan digantikan oleh yang virtual di dalam smartphone. Jika smartphone Anda rusak, Anda bisa mendapatkan yang baru dan semuanya akan menjadi seperti seharusnya berkat sinkronisasi cloud. Sehingga tidak perlu proses yang sulit.

Itulah prediksi dari smartphone di tahun 2040 menurut Phonearena. Bagaimana menurut kalian? Poin mana yang paling mungkin terjadi di masa depan? Tulis di kolom komentar. Atau Anda memiliki pemikiran lain? [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini