Samsung Galaxy Note 10 dan 10+ Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasinya!

Kamis, 8 Agustus 2019 04:16 Reporter : Indra Cahya
Samsung Galaxy Note 10 dan 10+ Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasinya! Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Dalam acara Unpcaked yang diadakan di Brooklyn, New York City, AS, akhirnya Samsung Galaxy Note 10 dan 10+ diperkenalkan.

Smartphone ini disebut Samsung sebagai seri "Note paling bertenaga" dan gadget yang menandai era baru "produktivitas mobile."

Smartphone ini memiliki desain bezel ultra tipis dengan sebuah lubang layar Infinity O yang dikondisikan di bagian tengah atas. Dengan kombinasi ini, seri Note 10 jadi smartphone dengan layar yang hampir memenuhi seluruh bagian depan perangkat.

Kali ini, Samsung menyediakan seri Note 10 dalam dua varian. Dua varian tersebut yakni varian Note 10 dengan bentang layar 6,3 inci dan Note 10+ dengan layar 6,8 inci. Layarnya berbasis Dynamic AMOLED dengan resolusi 2280x1080 untuk Note 10 dan 3040x1440 untuk Note 10+.

Tak lupa, terdapat sensor sidik jari ultrasonik yang tersemat dalam layarnya. Sensor ini adalah sensor yang sama dengan seri Samsung S10.

1 dari 4 halaman

Tripel Kamera

Perbedaan lain dari generasi Galaxy Note sebelumnya adalah adanya tersematnya tripel kamera di Samsung Note 10. Tiga kamera tersebut antara lain kamera utama, kamera wide-angle, serta telephoto.

Di Samsung Note 10+, Samsung bahkan menyematkan empat buah kamera. Tiga kamera pertama adalah kamera serupa dengan Note 10, namun di sini diperkaya dengan kamera ToF atau Time-of-Flight untuk sensor kedalaman yang membuat modus portrait lebih alami, serta konten AR.

soal spesifikasi kameranya, di kamera utama akan ada sensor 12MP dengan tiga variasi bukaan, yakni f1.5, f1.8, serta f2.4.

Terdapat fitur baru yakni Depth Vision yang dapat memindai objek secara 3D. Hasilnya, Anda akan mendapatkan sebuah objek 3D yang bisa dimanfaatkan dalam video dan juga langsung dicetak jika Anda memiliki akses ke 3D Printer.

Samsung kini juga tak cuma menonjolkan hasil foto di kameranya, namun juga video. Fitur ini diberi nama Pro Grade Video. Dengan ini, Note 10 kini juga mendapatkan fitur seperti Live Focus yang dapat memberi bokeh alami dalam video.

Selain itu, mengandalkan kamera telephoto, video dari Note 10 juga dapat melakukan zoom dengan fokus objek yang luar biasa.

Selain itu, terdapat fitur Super Steady yang mengambil banyak sekali bingkai dalam pengambilan video dan memprediksi pergerakan objek. Hal ini akan membuat hasil video tidak akan terasa goyang dan sangat tenang seakan menggunakan stabilisasi gimbal.

Samsung kini juga menyematkan aplikasi editing secara langsung tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Hal ini tentu baik karena sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut dapat mengatasi editing video 4K dari kamera Note 10.

2 dari 4 halaman

Performa

Soal dapur pacu, terdapat prosesor Snapdragon 855 dan juga Samsung Exynos 9825 untuk di luar AS. Exynos 9825 sendiri dibangun di atas teknologi 7 nanometer yang membuatnya hemat daya. Prosesor ini akan dipadu dengan dipihan RAM 8GB dan 12GB.

Jerohan ini akan disokong kapasitas baterai 3.500mAh untuk Note 10, serta 4.300mAh untuk Note 10+.

Samsung Note 10 kini juga berfokus pada gaming. Terdapat fitur game booster yang mengoptimasi pengalaman gaming lewat performa dan juga menganalisis perangkat jika mengalami overheat.

Samsung juga menggandeng aplikasi chat dan voice note Discord untuk pengalaman gim multiplayer yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Fitur Terbaik

Selain itu, terdapat juga ciri khas yang selalu ada di seri Galaxy Note yakni S-Pen.

Selain untuk berbagai mobilitas menggambar dan fungsi stylus lainnya, S-Pen bisa digunakan sebagai clicker dan juga tombol shutter kamera. Di aplikasi kamera, S-Pen ini bisa digunakan juga sebagai navigasi berbasis gestur.

Samsung mengklaim bahwa S-Pen ini memiliki masa pakai berjam-jam hanya dalam satu kali cas. Pengecasannya pun hanya dengan memasukkannya kembali ke dalam bodi Note 10.

Soal baterai, terdapat fitur baru khusus di Note 10+ yakni Super Fast Charging, yakni pengisian daya cepat berbasis daya 45W. Samsung mengklaim dalam 30 menit pengecasan, smartphone bisa digunakan seharian.

Terdapat juga fitur Power Share yang berbasis yang dapat mengecas gadget lain secara nirkabel. Fitur ini sebelumnya terdapat di Samsung S10.

Smartphone ini juga berbasis 5G di varian Note 10+ besutannya. Hal ini mengikuti suksesnya Samsung S10 5G yang diklaim sebagai smartphone 5G pertama.

Samsung juga memperkenalkan kembali Samsung DeX, yang merupakan fitur mempermudah terkoneksinya smartphone ke PC dengan mudah. Kali ini Samsung juga menggandeng Microsoft untuk lebih mudah menkoneksikan smartphone dan laptop lewat software yang tersinkronisasi.

Dengan ini, dari laptop kita bisa mengakses software dan file apapun yang ada di smartphone via PC atau laptop.

4 dari 4 halaman

Harganya?

Soal harga, Samsung Note 10 dibanderol mulai 949 Dollar (Rp 13,5 Juta) untuk versi 4G dan 1.049 Dollar (Rp 14,8 Juta) untuk versi 5G. Sementara Note 10+, dibanderol mulai dari 1.099 Dollar (Rp 15,6 Juta) untuk versi 4G dan 1.299 (Rp 18,5 Juta) Dollar untuk versi 5G.

Mari nantikan deretan laporan kami berikutnya Soal Samsung Galaxy Note 10.

[idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini