Peringati ultah ke 10, ini kiprah Apple iPhone dari tahun ke tahun!

Rabu, 11 Januari 2017 08:00 Reporter : Indra Cahya
Peringati ultah ke 10, ini kiprah Apple iPhone dari tahun ke tahun! Steve Jobs luncurkan iPhone generasi pertama. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - iphone, sebuah perangkat smartphone tersohor dan membuat Apple jadi salah satu perusahaan teknologi ternama di dunia, kini telah berumur 10 tahun. Apple berulang tahun tiap tanggal 9 Januari.

Di tanggal 9 Januari 2007-lah, sang pendiri Apple, Steve Jobs, naik ke panggung di acara Macworld untuk memperkenalkan iPhone generasi pertama. Sang pendiri Apple mendeskripsikan iPhone sebagai 'iPod, ponsel, dan internet komunikator.' Akhirnya, smartphone dengan fungsi dasar tiga buah kegunaan yang dideskripsikan Jobs, akhirnya hebohkan dunia.

Bahkan sejak momen tersebut, Apple telah menjual lebih dari satu milyar iPhone di seluruh dunia dan jadi salah satu perusahaan terkaya di dunia. Dari momen itu jugalah Apple mendapat banyak kompetitor, di mana pasar smartphone makin luas dan punya permintaan makin tinggi.

Kiprah dan inovasi iPhone

Sejak peluncurannya di tahun 2007 silam, Apple telah memperkenalkan 11 generasi baru dari iPhone, dan beberapa kali mengubah desain secara drastis di tiap generasinya. Perubahan itu berupa desain, sentuhan akhir, hingga ukuran layar.

Di 2014, Apple mengambil jalan tak lazim dari jalur Apple dengan meluncurkan iPhone 6 Plus, yakni iPhone dengan ukuran lebih dari 5 inci. Begitu juga di 2016 lalu, iPhone 7 juga membuat heboh dengan dihilangkannya 3.5mm headphone jack.

Tak cuma dari segi desain saja, di 2008 iPhone juga membuat adanya 'App Store' jadi hal yang penting. Hal ini memberi banyak pilihan aplikasi bermutu untuk para pengguna iPhone dan produk Apple lain, serta memberi kesuksesan pada berbagai aplikasi mobile, seperti Angry Birds, dan juga Uber.

Disadari atau tidak, kesuksesan iPhone menyalakan api persaingan pada banyak sekali rival dari Apple. Mulai dari Microsoft hingga Google, semua membuat kancah smartphone dunia makin kompetitif.

Setiap model iPhone dari masa ke masa ©2017 Merdeka.com

Peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ©REUTERS/Beck Diefenbach


Batu sandungan

Meski banyak penilaian bahwa iPhone adalah smartphone yang penjualannya baik, hal ini tak membuat kiprah iPhone di kancah dunia smartphone jadi mulus. Di tahun 2016 kemarin, penjualan dari iPhone dilaporkan menurun untuk pertama kalinya dalam sejarah Apple.

Tak mengherankan, nama-nama besar seperti Samsung, Google, HTC, dan Huawei, semuanya mengguncang popularitas iPhone dengan perangkat andalan mereka. Belum lagi rilisan mereka yang menawarkan keberagaman secara spek, jenis, model, serta harga.



Lini masa 10 tahun kiprah iPhone di dunia

2007: Di bulan Januari, iPhone generasi pertama diluncurkan, dan para 'Apple fanboy' rela mengantre hingga ke luar toko Apple hanya untuk jadi pemilik pertama dari smartphone legenda tersebut.

2008: Pada 11 Juli 2008, generasi kedua dari iPhone 3G diluncurkan. Ini juga momen diperkenalkannya opsi warna putih untuk pertama kalinya.

2009: iPhone 3GS mulai diperjualbelikan pada bulan Juni. Penjualannya dalam tahun tersebut capai angka lebih dari 25 juta.

2010: Pengenalan iPhone 4, di mana Apple mengusung desain baru. Casing depan dan belakang iPhone 4 usung bahan kaca, dengan pinggiran besi.

2011: iPhone 4s diperkenalkan dengan fitur unggulannya berupa aplikasi asisten Siri.

2012: iPhone 5 dirilis dengan usung desain baru, yakni ukuran layar yang naik jadi 4 inci.

2013: iPhone 5s dirilis dengan penambahan fitur terbaru yakni fingerprint scanner di tombol home yang dikenal sebagai Touch ID.

2014: Pada september, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diumumkan, dengan menawarkan dua ukuran iPhone untuk pertama kalinya. Ukuran iPhone pun jadi makin besar, yakni 4.7 inci dan 5.5 inci.

2015: Pada September tahun depannya iPhone 6s dan iPhone 6S Plus dirilis, dengan fitur baru berupa layar 'pressure sensitive.'

2016: Pada September tahun lalu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dirilis, di mana Plus usung dual camera. iPhone 7 juga menandai hilangnya headphone jack dari iPhone untuk seterusnya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. IPhone
  3. IPhone 7
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini