Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 9, Layak Beli baru?

Kamis, 8 Agustus 2019 14:37 Reporter : Indra Cahya
Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 9, Layak Beli baru? Samsung Note 9 VS Samsung Note 10. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Samsung akhirnya meluncurkan flagship terbarunya yakni Galaxy Note 10 dan 10+. Dengan berbagai fitur terbaik, performa bertenaga, dan desain paling elegan, tak bisa dimungkiri harga smartphone ini akan jadi sangat mahal.

Momen rilisnya smartphone baru, biasanya justru membuat banyak orang justru mengincar smartphone keluaran lawas. Pasalnya, harganya mulai turun. Salah satunya Samsung Note 9.

Nah, apa perbedaan mendasar antara Note 9 dan Note 10? Perlukah kita beli baru ke Note 10, atau haruskah kita mengehmat uang dan cukup membeli Note 9 saja? Mari kita lihat perbandingan antara keduanya dari ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Perbandingan Desain

Dari segi desain, nampaknya Samsung Note 10 sulit untuk dikalahkan. Terlebih lagi Note 8 dan Note 9 secara kasar membawa bahasa desain seri Galaxy S dan membuatnya makin 'kotak'.

Di sisi lain, Note 10 membawa desain terbaru yang elegan dengan sentuhan kaca lengkung di bagian depan maupun belakang bodinya.

Bagian depannya berupa layar yang bezelnya sangat tipis dan terdapat lubang layar Infinity O yang cukup kecil hingga layar mendominasi seluruh bagian depan perangkat.

Terlebih lagi pilihan warna yang salah satunya adalah Aura Glow, yang merupakan warna berbasis arah cahaya. Sehingga Anda akan bisa melihat banyak warna terpantul dari bodinya. Tak bisa dimungkiri, ini adalah warna yang indah!

Sehingga, jika estetika desain adalah prioritas Anda dalam memilih gadget, Samsung Note 10 benar-benar tak boleh Anda lewatkan.

2 dari 4 halaman

Hardware

Samsung Note 10 membawa Exynos 9825 di sektor dapur pacu. Ini adalah prosesor terbaru dari Samsung yang berbais 7 nanometer. Selain hemat daya, ini adalah prosesor paling bertenaga dari Samsung.

Namun jika harus dibandingkan dengan prosesor tahun lalu yang tersemat di Note 9 yakni Exynos 9810, rasanya perbedaan tidak terlalu mencolok. 9810 tetap bisa menangani berbagai tugas berat dengan kualitas 'flagship' miliknya.

Jadi di soal performa, Note 9 masih bisa mengatasi banyak hal dari semua pekerjaan kita tanpa perlu upgrade ke Note 10.

Soal baterai pun, Note 9 juga cukup baik. Pasalnya telah ada baterai berkapasitas 4.000mAh. Note 10 bahkan hanya memiliki 3.500mAh, sementara Note 10+ memiliki kapasitas 4.300mAh. Hanya naik sedikit saja dengan pengorbanan hilangnya headphone jack.

Jadi, jika Anda lebih perhatian ke soal performa, Anda tak perlu beli Note 10 dan Note 9 lebih layak dipertimbangkan.

3 dari 4 halaman

Kamera

Sektor kamera tak terlalu memiliki banyak pembaruan. Paling signifikan adalah adanya kamera ketiga di Note 10 yakni sensor 16MP ultra-wide.

Sebagian besar pembaruan kamera Note 10 ada di sektor video. Mulai dari Live Focus Video, Depth Vision untuk Note 10+ yang memiliki kamera ToF, Zoom-in Mic untuk sektor audio di video yang lebih baik, serta fitur stabilisasi bernama Super Steady dan Aplikasi Editing Samsung.

Jika Anda punya perhatian penuh soal videografi dan ingin mengkreasi konten video lewat HP, Note 10 adalah smartphone yang sangat cocok untuk mengakomodirnya. Namun jika sebaliknya Anda lebih suka foto ketimbang video, Note 9 sudah lebih dari cukup.

4 dari 4 halaman

S-Pen

Stylus milik seri Note ini jauh lebih canggih di Note 10. Ketika di Note 9 S-Pen bisa digunakan untuk remote control namun dengan fungsi terbatas, S-Pen di Note 10 sudah mampu melakukan kustomisasi navigasi gestur.

Jadi jika Anda membutuhkan S-Pen yang canggih, Anda bisa pilih Note 10. Namun jika Anda butuh S-Pen untuk sekedar produktivitas seperti menggambar atau menulis, Note 9 sangat lebih dari cukup.

Pilih mana? [idc]

Baca juga:
Cara Cek IMEI HP Anda Agar Tak Diblokir
Deret Kecanggihan Kamera Samsung Galaxy Note 10
Ini Alasan Samsung Galaxy Note 10 Tak Miliki Headphone Jack
Deretan Keunggulan Samsung Galaxy Note 10, Android Terbaik Saat Ini!
Samsung Galaxy Note 10 dan 10+ Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasinya!
Oppo K3 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya!
LG Akan Luncurkan Smartphone Layar Ganda di Gelaran IFA 2019

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini