Penjelasan Di Balik Penyebab Terbakarnya Hutan Amazon, Ulah Manusia?

Senin, 26 Agustus 2019 12:00 Reporter : Indra Cahya
Penjelasan Di Balik Penyebab Terbakarnya Hutan Amazon, Ulah Manusia? hutan amazon yang terbakar. ©2019 REUTERS/Ueslei Marcelino

Merdeka.com - Belakangan ini, ramai diberitakan soal terbakarnya hutan Amazon di Brasil, Amerika Selatan. Hal ini banyak disebut sebagai buntut dari kekeringan yang terjadi di sana dan menyulut api, serupa dengan yang terjadi di California.

Namun hanya dengan mengintip dari satelit NASA, bisa disimpulkan bahwa hal ini tak sepenuhnya benar.

Melansir Wired, satelit NASA mengitari garis khatulistiwa Bumi sebanyak empat kali setiap harinya. Gambar ini dipantau oleh Doug Morton, Kepala Laboratoriun Ilmu Biosfer di NASA yakni Goddard Space Flight Center.

Dari pantauan yang juga dilengkapi dengan data inframerah dan data termal, ia berkesimpulan bahwa api muncul akibat ulah manusia.

Lebih jauh, sang ilmuwan mengkambinghitamnkan presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang punya berbagai kebijakan anti-lingkungan.

Beberapa keputusan politiknya yang tak beriringan dengan keselamatan lingkungan adalah dipecatnya lembaga pemerintah yang memantau deforestasi Amazon, dan melakukan 'framing' kepada LSM lingkungan hidup untuk mencemarkan nama baiknya.

Namun yang paling para adalah kebijakan mendorong perkembangan ekonomi di Amazon. Perkembangan ekonomi inilah yang membuat Amazon terbakar. Seharusnya, tidak ada aktivitas manusia yang dilakukan di sana.

Perkembangan ekonomi ini bergerak di perluasan sektor pertanian, di mana deforestasi perlu dilakukan untuk membuat lahan perkebunan baru. Dengan ini pula dibuat koridor transportasi di area hutan, bahkan ada juga pemukiman yang makin luas.

Baca Selanjutnya: 'Serangan' Terhadap Wilayah Adat dan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Kebakaran Hutan Amazon
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini