Pemilik anjing hidup lebih lama

Minggu, 19 November 2017 07:00 Reporter : Indra Cahya
Pemilik anjing hidup lebih lama Ilustrasi memelihara anjing. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika Anda pecinta Anjing dan mempunyai peliharaan anjing sebagai bagian dari keluarga Anda, Anda memiliki kemungkinan untuk hidup lebih lama.

Melansir The Verge, para periset di Swedia melakukan penelitian dengan sampel lebih dari 3,4 juta orang Swedia yang tak memiliki riwayat jantung, selama 12 tahun berturut. Sebagian dari mereka memiliki anjing dan sisanya tidak.

Dengan melihat berapa orang yang meninggal dalam rentang waktu 12 tahun tersebut, dan menyesuaikan faktor-faktor yang relevan seperti usia dan jenis kelamin, para ilmuwan akhirnya mampu menghitung risiko kematian. Dari kesimpulan tersebut, pemilik anjing memiliki risiko kematian 20 persen lebih rendah ketimbang orang yang tidak memiliki anjing.

Prosentase ini akan jadi lebih tinggi untuk para pemilik anjing yang tinggal sendiri: yakni 33 persen risiko kematian lebih rendah. Selain itu, mereka juga 8 persen lebih rendah terkena risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan gagal jantung.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa hidup dengan hewan peliharaan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Mulai dari seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik jika mereka memiliki anjing, serta tekanan darah yang lebih rendah.

Penyakit kardiovaskular sendiri adalah pembunuh nomor satu di negara-negara seperti AS.

Alasan pasti di balik kepemilikan anjing yang dapat memperpanjang umur, sebenarnya belum jelas, apakah lebih aktif secara fisik ataukah stress yang berkurang. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini