Lomba Pembuatan Website Beraksara Sunda PANDI Meriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional

Kamis, 14 Januari 2021 21:42 Reporter : Syakur Usman
Lomba Pembuatan Website Beraksara Sunda PANDI Meriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional Bahasa Sunda dalam perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah komunitas dan lembaga pegiat bahasa Sunda akan menggelar beberapa acara untuk menyambut Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII) 21 Februari 2021.

HBII merupakan salah satu program UNESCO untuk melestarikan dan melindungi semua bahasa yang digunakan oleh masyarakat di dunia.

Beberapa acara yang disiapkan itu salah satunya adalah Selebrasi Lomba Pembuatan Website dengan Konten Aksara Sunda yang diselenggarakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sejak Juli 2020.

Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Pengembangan Usaha, Pemasaran, dan Kerjasama PANDI, mengatakan selebrasi aksara Sunda ini serupa dengan selebrasi aksara-aksara sebelumnya seperti aksara Jawa dan Bali.

"PANDI akan mendukung selebrasi aksara Sunda yang bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Internasional yang dirayakan setiap 21 Februari oleh UNESCO. Selain melakukan kegiatan lomba membuat website, kami juga sudah menyiapkan kegiatan lain untuk memeriahkan acara ini seperti Olimpiade Bahasa Sunda, 1.000 Video Bahasa Ibu, dan lain-lain," ujar Gunawan dalam keterangannya, Kamis (14/1).

Menurut Gunawan, kegiatan ini bagian dari proses 'digitalisasi aksara nusantara' supaya aksara nusantara bisa digunakan oleh generasi mendatang.

Sementara itu, Miftahul Malik, jurnalis Sunda yang tergabung dalam kelompok Singrancagé --forum untuk menjembatani berbagai acara terkait bahasa Sunda melalui teknologi digital, mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama beberapa lembaga dan komunitas di Jawa Barat. Masing-masing lembaga memiliki peran dalam pengembangan bahasa Sunda terutama melalui media digital.

"Kami membantu menyebarkan acara tersebut kepada masyarakat agar gaungnya lebih besar,” kata Malik.

Baca Selanjutnya: Tantangan Digitalisasi Bahasa Sunda...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini