Kematian Bocah SD di Ciamis Gara-gara HP Meledak Perlu Diteliti Lagi

Senin, 8 Agustus 2022 08:27 Reporter : Merdeka
Kematian Bocah SD di Ciamis Gara-gara HP Meledak Perlu Diteliti Lagi Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Merdeka.com - Pakar keamanan siber sekaligus teknologi, Alfons Tanujaya mengatakan, kasus kematian bocah SD di Ciamis karena HP yang meledak ini perlu diteliti lebih jauh. Kepada Merdeka.com, Senin (8/8), dia mengatakan, bagian smartphone yang berpotensi melukai adalah baterai. Kini baterai yang banyak dipakai dalam smartphone adalah baterai lithium, baik lithium ion maupun polimer.

"Baterai litium jika tercolok, kembung atau terjatuh akan mengakibatkan reaksi internal dan terbakar menimbulkan api kimia yang berbahaya dan dapat mengakibatkan luka bakar yang sangat serius. Tetapi apakah anak yang tertidur tidak akan bangun sekalipun badannya terbakar api dan baterai litium yang meledak dapat menyebabkan kematian instan?" ungkap dia.

Menurutnya, ada beberapa kasus kematian karena baterai lithium yang meledak dan mengakibatkan kematian, seperti baterai rokok elektrik yang meledak dan serpihannya melukai pembuluh darah. Namun, hal ini tidak terjadi secara instan.

Alfons pun menyebut, baterai lithium yang dikatakan meledak sebenarnya lebih tepat disebut sebagai terbakar. Baterai lithium, menurut Alfons, bukan meledak seperti bahan peledak atau tabung gas.

"Apakah benar ledakan baterai dan ada serpihan yang melukai arteri atau ada sebab lain dimana harusnya ketika mengalami luka bakar harusnya anak akan bereaksi dan tidak diam saja tidak bergerak. Salah satu kemungkinan yang perlu diperhitungkan adalah charger ponsel yang bermasalah tersebut dimana ponsel tersebut dalam keadaan tercolok ke charger dan jika bocor atau korslet dapat mengirimkan arus listrik yang dapat melumpuhkan manusia sehingga tidak berdaya dan tetap diam meskipun dadanya terbakar," jelas dia.

Ia pun menyarankan pihak terkait seperti perwakilan merek ponsel yang terkait, PLN dan pihak terkait lain turun tangan untuk memeriksa dan memastikan apa penyebab kematian bocah ini dan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat supaya tidak mengalami ketakutan tidak tepat tetapi tetap waspada dengan baterai dan arus listrik.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini