KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

KapanLagi Network raih posisi kedua platform yang sering dikunjungi

Rabu, 29 Maret 2017 12:52 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kapanlagi Group. ©2015 merdeka.com

Merdeka.com - comScore, perusahaan lintas platform yang mampu mengukur perilaku audiens, brand, dan konsumen di manapun, baru saja mengumumkan terobosan besar yakni meluncurkan MMX Multi-Platform dan upgrade besar terhadap mobile metrix di Indonesia.

Menariknya dalam terobosan ini, comScore memperluas pengukuran audiens mobile di Indonesia sehingga memungkinkan pelaporan kunjungan, keterlibatan, dan demografi audiens yang lebih mumpuni, termasuk segmen baru untuk usia dan gender.

Berdasarkan data dari MMX Multi-Platform pada Januari 2017, keseluruhan populasi digital di Indonesia mencapai 63,6 juta pengunjung/viewer unik, di mana 14,8 persen dari populasi tersebut mengakses internet baik dari platform desktop maupun mobile. Data mereka juga menyebutkan bahwa KapanLagi Network (KLN) masuk dalam 10 jajaran properti web teratas dari perangkat mobile di Indonesia. Beberapa media yang masuk dalam group KLN di antaranya Merdeka.com, Kapanlagi.com, Dream.co.id.

Dari 10 properti yang paling sering diakses melalui mobile, KLN menduduki urutan keempat. Namun jika dari sisi platform berita, KLN berada diurutan kedua dengan total pengunjung pada periode Januari 2017 sebesar 16,5 juta atau setelah Kompas Gramedia.

Angka pengunjung KLN itu, terpaut tipis dengan Kreatif Media Karya Online yang total pengunjungnya 16,1 juta. Adapun untuk platform nomor satu yang sering diakses secara umum, sudah barang tentu masih dipegang kuat-kuat oleh Google dan kemudian disusul Facebook.

Terlepas dari urutan itu, adanya pengembangan MMX Multi Platform dan upgrade metrix ini, lantaran ditunjuknya comScore sebagai mitra pengukuran audiens online di Indonesia oleh Indonesia Digital Measurement Consortium (IDMC) dan Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) pada Agustus tahun lalu. Menurut Senior Vice President comScore Asia Pacifik, Joe Nguyen, perkembangan dan upgrade besar ini merupakan komitmen mereka untuk membawa solusi yang lebih handal.

"Perkembangan ini merupakan sejarah baru bagi pengukuran audiens di Indonesia , dan kami senantiasa akan memberikan lebih banyak data dan wawasan yang sangat diperlukan oleh media buyer dan pengguna untuk mengoptimalkan strategi digital mereka serta dapat memahami lanskap periklanan kompetitif dengan lebih baik, jelas dia melalui siaran pers, Kamis (29/3).

Sementara di sisi lain, di tengah-tengah perkembangan dunia mobile dan multi-platform saat ini, pengukuran audiens merupakan hal yang menantang. Industri membutuhkan pengukuran terpercaya serta tanpa duplikasi yang dapat secara akurat menangkap bagaimana konsumen berinteraksi dengan konten di berbagai device dan platform, khususnya mobile, yang saat ini semakin memainkan peranan penting.

"Kami sepenuhnya mendukung comScore dalam komitmen mereka untuk meningkatkan pengukuran digital di Indonesia, dan memberikan solusi yang inovatif dan bermutu bagi pengiklan, agen, dan publisher, ungkap Jerry Justianto, Ketua IDMC. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. KapanLagi Network
  2. Teknologi
  3. Highlight

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.