JD.com dapat dana segar Rp 7 triliun dari Google

Selasa, 19 Juni 2018 11:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
JD.com dapat dana segar Rp 7 triliun dari Google JD.com. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Google dikabarkan menyuntikan dana sebesar USD550 juta atau sekitar Rp 7,7 triliun ke e-commerce pesaing Alibaba, yakni JD.com. Langkah ini barangkali sebagai cara Google ketika tak bisa masuk ke negara Tirai Bambu tersebut.

Hal itu lantaran regulasi di sana yang cukup ketat. Apalagi mereka memiliki misi untuk mempercepat pertumbuhan marketnya di Asia sekaligus bersaing dengan Amazon.com.

Dilaporkan Reuters, Selasa (19/6), kesepakatan itu diumumkan pada Senin kemarin. Untuk JD.com sendiri, dana sebesar itu tentu saja dapat membantu mereka berkembang di luar pasarnya yang berbasis di China dan Asia Tenggara. Ada kemungkinan JD.com akan membangun pasar yang lebih luas di AS dan Eropa.

Di sisi lain, investor JD.com termasuk perusahaan media sosial China, yakni Ten Cent Holdings Ltd memang sedang bersaing dengan Alibaba dan Walmart Inc. Apalagi Alibaba memiliki kemitraan dengan raksasa ritel Prancis Carrefour SA.

"Kemitraan dengan Google ini membuka berbagai kemungkinan untuk menawarkan pengalaman ritel yang unggul kepada konsumen di seluruh dunia," kata Jianwen Liao, Chief Strategy Officer JD.com.

Dilanjutkannya, kesepakatan itu akan menambah jangkauan dan kekuatan pasar Google dalam analisis dengan keahlian JD.com dalam bidang logistik dan manajemen inventaris. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini