Gunakan Roket Elon Musk, Satelit Nano Pertama Indonesia Berhasil Meluncur

Selasa, 29 November 2022 18:13 Reporter : Fauzan Jamaludin
Gunakan Roket Elon Musk, Satelit Nano Pertama Indonesia Berhasil Meluncur satelit nano buatan anak bangsa. ©2022 Liputan6.com/Angga yuniar

Merdeka.com - Surya Satellite-1 (SS-1) akhirnya berhasil diluncurkan. Tak tanggung-tanggung, satelit nano karya Indonesia ini diluncurkan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 CRS-26 milik orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Hal itu diketahui dari laman Instagram Brin, @brin_indonesia. Dalam keterangannya tersebut, Falcon 9 mengemban misi membawa muatan termasuk satelit SS-1 menuju International Space Station (ISS).

"Sukses diluncurkan setelah terjadi penundaan peluncuran beberapa hari yang lalu karena faktor cuaca yang tidak mendukung," tulis informasi tersebut.



Misi SS-1 sendiri ialah Automatic Packet Reporting System yang berfungsi sebagai media komunikasi via satelit dalam bentuk teks singkat. Teknologi ini dapat dikembangkan untuk mitigasi bencana, pemantauan jarak jauh, serta komunikasi darurat.

SS-1 dikembangkan oleh Surya University dengan dukungan dan supervisi ahli dari Pusat Riset Teknologi satelit, BRIN.

Proyek ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Organisasi Amatir Radio Indonesia, PT Pudak Scientific, PT Pasifik Satelit Nusantara dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebagaimana jenis satelitnya, Surya Satellite-1 ini adalah satelit yang beratnya kurang dari 10 kilogram. Satelit SS-1 merupakan pionir satelit nano di Indonesia. SS-1 akan mengorbit pada ketinggian 400 hingga 420 kilometer di atas permukaan bumi dengan inklinasi 51,7 derajat dan akan melintasi wilayah Indonesia 4-5 kali sehari.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini