Fitur Baru Google Buat Orang Tak Bisa 'Kepo'

Jumat, 30 September 2022 08:26 Reporter : Merdeka
Fitur Baru Google Buat Orang Tak Bisa 'Kepo' ilustrasi pencarian Google. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah fitur baru dikabarkan akan diluncurkan Google untuk Android dan browser. Fitur baru ini memungkinkan menyembunyikan atau menghapus data-data privasi seperti alamat maupun nomor telepon dari penjelajahan.

Peringatan notifikasi itu muncul di tools baru di Google bernama 'results about you'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempermudah permintaan penghapusan data pribadi apabila tertera di situs pencarian Google.

Dilaporkan GizChina dan The Verge, Jumat (30/9), tujuannya tentu untuk melindungi privasi pengguna dari niat jahat. Fitur ini memberi pengguna kontrol atas data miliknya yang tersaji secara online.

Sederhananya, pengguna dapat memeriksa apakah nomor telepon, alamat email, atau alamat rumah bersifat publik. Jika begitu, fitur ini akan merekomendasikan informasi tersebut untuk disembunyikan. Google mengklaim bahwa mulai tahun 2023, pengguna akan menerima pemberitahuan jika ada informasi pribadi yang ditemukan secara online.

Dengan demikian, akan mudah dan cepat untuk meminta penghapusan terkait informasi tersebut. Sebenarnya, permintaan untuk menghapus informasi pribadi dari mesin pencari bukanlah hal baru; aplikasi ini hanya bertujuan untuk mempermudah prosedur. Tidak perlu mencari informasi sendiri secara manual.

Fungsi baru ini saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Google memastikan bahwa dukungan untuk bahasa lain akan tersedia di masa mendatang.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini