Fakta meledaknya baterai smartphone dan 4 tips jitu mengatasinya!

Jumat, 25 September 2015 17:06 Reporter : Bramy Biantoro
Fakta meledaknya baterai smartphone dan 4 tips jitu mengatasinya! iPhone meledak. © CNN

Merdeka.com - Sebagai gadget yang dibawa ke mana-mana hampir 7 hari dalam seminggu, ledakan baterai smartphone tentu adalah hal yang sangat dihindari oleh pengguna. Pertanyaannya, apakah baterai smartphone mudah meledak dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebelumnya, perlu diketahui bila baterai yang jamak digunakan di smartphone dan laptop adalah baterai lithium-ion. Baterai jenis ini dapat menyimpan lebih banyak daya karena tersusun atas elemen logam yang paling renggang.

Ukurannya pun menjadi lebih minimalis dibanding baterai jenis lain. Sayangnya, logam lithium yang dipakai dalam baterai tersebut dikenal sebagai salah satu unsur yang sangat reaktif alias mudah terbakar atau bahkan meledak.

Apakah mitos baterai smartphone mudah meledak benar?

Berdasarkan penelitian sebuah institut teknologi di Jepang, pada dasarnya, ledakan baterai smartphone sangat jarang terjadi. Kalau pun terjadi, penyebabnya tersebut adalah arus pendek yang terjadi dalam baterai dan masalah pada charger. Lalu, bagaimana cara mengatasi ledakan baterai itu? [bbo] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Tekno Tips
  4. Top List
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini