Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Mengatasi Motor Overheat yang Perlu Diketahui

Tips Mengatasi Motor Overheat yang Perlu Diketahui

Tips Mengatasi Motor Overheat yang Perlu Diketahui

Berikut tips mengatasi motor overheat yang perlu Anda ketahui. Yuk simak!

Tak hanya mobil saja yang bisa terjadi overheat atau panas berlebihan pada bagian mesin, sepeda motor pun bisa mengalami hal yang sama.

Faktor yang membuat mesin motor mengalami overheat, yaitu pada komponen piston yang terlalu sempit dan berdampak clearance piston menjadi tidak bergerak bebas. 

Selain itu, kurangnya aliran oli motor juga dapat menghambat dalam memberikan pelumasan yang optimal pada komponen mesin. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi motor yang overheat? Simak ulasan di bawah ini, dilansir melalui berbagai sumber, Senin (08/04/2024).

Menepikan Motor 

Menepikan Motor 

Hal pertama yang harus dilakukan ketika sepeda motor mengalami overheat adalah memarkirkan motor dan mematikan mesinnya terlebih dahulu. Langkah ini krusial untuk menghentikan kelebihan panas dan mencegah kerusakan tambahan pada mesin sepeda motor Anda.

Periksa Kondisi Mesin 

Periksa Kondisi Mesin 

Setelah itu, lakukan pemeriksaan terhadap kondisi mesin motor untuk mengetahui apakah masih beroperasi dengan baik atau tidak. 

Karena dalam beberapa kasus, kepanasan yang ekstrem dapat mengakibatkan matinya mesin secara tiba-tiba. Selain itu, situasi mungkin juga terjadi di mana mesin masih menyala tetapi kendaraan tidak dapat bergerak.

Periksa Piston Motor 

Periksa Piston Motor 

Meneliti bagian kendaraan yang wajib adalah piston, karena perannya krusial dalam proses pembakaran. Sering kali, kerusakan akibat panas berlebih disebabkan oleh piston yang terlalu ketat, menghambat aliran oli pelumas dan mengakibatkan pemanasan mesin secara cepat.

Gunakan Cairan Pendingin Radiator 

Gunakan Cairan Pendingin Radiator 

Langkah berikutnya dalam mengatasi masalah overheating pada motor adalah menggunakan cairan pendingin radiator. Disarankan untuk selalu menyiapkan dan membawa cairan tersebut di bagasi, terutama saat akan melakukan perjalanan jarak jauh.

Dinginkan Sepeda Motor

Jika motor telah mengalami overheating dan kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan, langkah teraman adalah berhenti sejenak dan biarkan motor beristirahat hingga suhunya kembali normal.

Ingatlah, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dengan mesin motor yang terlalu panas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya bahkan menyebabkan mesin mati total.

Berapa Lama Mendinginkan Mesin Motor Overheat?

Jika motor mengalami overheat saat berada di jalan, sebaiknya matikan mesin, minimal 20 menit dan biarkan mendingin.

Apakah Motor Overheat Bisa Turun Mesin?

Apabila motor Anda mengalami panas berlebih atau overheating, dapat mengakibatkan turun mesin karena komponen di dalam mesin mengalami kerusakan dan harus diganti.

Apa yang Terjadi Jika Motor Overheat Dipaksa Jalan?

Komponen-komponen di dalam mesin motor Anda akan mengalami kerusakan, terutama jika komponen tersebut terbuat dari plastik, yang akan cenderung meleleh dengan cepat. Selain itu, suhu mesin yang tinggi dapat merusak bagian inti mesin motor secara fatal.

Cara Mengatasi Mobil Overheat, Hati-Hati Bisa Timbulkan Masalah Serius
Cara Mengatasi Mobil Overheat, Hati-Hati Bisa Timbulkan Masalah Serius

Mobil yang mengalami kondisi overheat merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil, terutama bagi yang kurang memperhatikan perawatannya.

Baca Selengkapnya
Tips Membaca Ukuran Ban yang Perlu Diketahui
Tips Membaca Ukuran Ban yang Perlu Diketahui

Berikut cara membaca ukuran ban motor yang perlu Anda ketahui. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.