Dengan menoleh dan gigit, headset canggih ini bisa gantikan mouse

Rabu, 4 Mei 2016 17:00 Reporter : Indra Cahya
GlassOuse. ©2016 Merdeka.com / Daily Social

Merdeka.com - Teknologi diciptakan tentu memiliki tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Berbagai macam hal yang memudahkan kita untuk berhubungan dengan komputer pun sudah diciptakan sejak lama, seperti mouse, trackpad, atau joystick maupun game controller.

Permasalahannya adalah, alat-alat seperti mouse, maupun game controller, didesain bagi mereka yang bisa 'beraktivitas' secara normal. Hal ini tentu sangat menyulitkan mereka yang mampu beraktivitas, namun dengan cara yang berbeda, seperti kaum difabel.

Berangkat dari permasalahan ini, seorang developer bernama Mehmet Turker mengembangkan sebuah perangkat bernama GlassOuse, sebuah headset yang berfungsi membantu mereka yang tak bisa menggunakan mouse tradisional. GlassOuse, yang merupakan kependekan dari 'Glasses + Mouse,' dipakai di kepala kita layaknya kacamata, dan bisa terkoneksi dengan Windows, Mac, dan perangkat Android via Bluetooth. Cara menggunakan alat ini hanyalah dengan menoleh untuk menggerakkan cursor di layar, dan berbagai variasi klik bisa dilakukan dengan menekan, menggigit atau mendorong tombol yang tersedia di dekat mulut. Sebuah 'sensor gigit' terdapat pada benda yang mirip microphone tersebut.

GlassOuse 2016 Merdeka.com / Daily Social

Sang penemu, Mehmet Turker, mengatakan bahwa dia awalnya mengeksplor ide canggih ini pada Februari 2015 silam, dan akhirnya butuh setahun untuk mengembangkannya. Perangkat ini dijual dan membuka pintu bagi siapapun untuk mendanai melalui sebuah kampanye di platform video Vimeo. Headset ini dijual dengan harga sekitar 2 jutaan, di mana Mehmet melampirkan juga data dari mana harga dua juta tersebut bisa didapatkan.

Headset ini akan segera diproduksi pada bulan Juni mendatang dan akan segera dijual secara luas pada Agustus mendatang. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini