ChatGPT Kian Mengancam, Bos Google Panggil Larry Page dan Sergey Brin

Senin, 23 Januari 2023 17:10 Reporter : Fauzan Jamaludin
ChatGPT Kian Mengancam, Bos Google Panggil Larry Page dan Sergey Brin ilustrasi pencarian Google. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan lalu, Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google, mengadakan beberapa pertemuan dengan para eksekutif perusahaan. Topiknya adalah chatbot baru saingan, A.I. Produk ini dianggap sebagai ancaman nyata pertama dalam beberapa dekade terhadap bisnis pencarian Google senilai USD149 miliar.

Dilaporkan The New York Times, Senin (23/1), Page dan Brin, yang tidak menghabiskan banyak waktu di Google sejak mereka meninggalkan peran harian mereka di perusahaan pada tahun 2019, meninjau strategi produk kecerdasan buatan Google. Hal itu menurut dua orang yang mengetahui pertemuan tersebut.

Mereka menyetujui rencana dan mengajukan ide untuk memasukkan lebih banyak fitur chatbot ke dalam mesin pencari Google. Dan mereka menawarkan nasihat kepada para pemimpin perusahaan, yang telah menempatkan A.I. dalam rencana perusahaan.

Keterlibatan kembali para pendiri Google, atas undangan kepala eksekutif perusahaan saat ini, Sundar Pichai, menekankan urgensi yang dirasakan di antara banyak eksekutif Google tentang kecerdasan buatan dan chatbot ChatGPT.

Rencananya, raksasa mesin pencari tersebut akan memperkenalkan sejumlah produk baru dan memperlihatkan kemampuan chatbot Google di mesin pencari dalam waktu dekat ini. Kemungkinan, perusahaan bakal mengungkap hal tersebut di ajang Google I/O pada Mei 2023 mendatang.

Sebagaimana diketahui, ChatGPT merupakan kecerdasan buatan yang dikembangkan OpenAI. OpenAI merupakan yayasan kecerdasan buatan yang dibuat oleh Elon Musk. OpenAI menyebut kecerdasan buatan ini dikembangkan dengan berfokus pada kemudahan penggunaan.

"Format dialog memungkinkan ChatGPT menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan tidak pantas," tulis OpenAI dalam unggahan saat ChatGPT rilis.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini