Cara Ubah Video Jadi Audio Lewat Smartphone atau HP

Rabu, 15 Mei 2019 15:05 Reporter : Indra Cahya
Cara Ubah Video Jadi Audio Lewat Smartphone atau HP Ilustrasi Audio. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Seringkali kita membutuhkan potongan audio dari sebuah video. Atau seringkali video seminar yang membosankan tentu lebih nyaman didengarkan ketimbang ditonton.

Dengan ini, berarti kita butuh mengkonversi video ke audio. Tentu hal ini mudah dilakukan di berbagai software yang ada di PC. Namun ini akan mengkonsumsi banyak waktu karena reportnya transfer dari smartphone ke PC.

Untungnya, hal ini bisa dilakukan hanya lewat smartphone. Caranya, adalah mengunduh salah sau dari deretan aplikasi di bawah ini yang bisa langsung mengkonversi video menjadi audio dengan sekejap saja. Aplikasi ini juga tak dipungut biaya, alias gratis.

Melansir Guiding Tech, berikut cara mengubah video menjadi audio hanya lewat smartphone.

1. Menggunakan Video To MP3 Converter

Ini adalah aplikasi gratis yang memiliki antarmuka yang bersih dan juga opsi mudah, karena hanya ada empat opsi utama: audio cutter, video cutter, video to audio, serta output.

Terdapat dua mode, yakni Simple dan Advanced. Mode simple adalah membuat output audio tanpa perlu disetel. Untuk mode Advanced, Anda bisa menyetel audio encoding dan juga bit rate.

Karena aplikasi ini gratisan, setiap Anda akan melakukan konversi, iklan akan muncul dan Anda diharuskan menontonnya terlebih dahulu.

2. Menggunakan Video To MP3 Converter

Kebetulan aplikasi ini memiliki nama yang sama dengan yang sudah kita bahas di poin sebelumnya. Perbedaannya, antarmuka dari aplikasi yang ini lebih berwarna dan memiliki lebih banyak fitur, seperti Audio Merger yang dapat menyatukan dua audio sekaligus.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah Anda bisa menaikkan volume audio editan Anda hingga 300 persen, sehingga sangat berguna untuk video dengan suara pelan.

3. MP3 Video Converter

Dibanding aplikasi sebelumnya yang kami bahas, aplikasi ini adalah yang paling sederhana. Untuk mengkonversi video menjadi audio, Anda hanya tinggal memilih format MP3 atau AAC, memilih bit rate, lalu selesai. Jika Anda membutuhkan kemudahan, aplikasi ini adalah yang paling pas.

4. Timbre

Kebalikan dari MP3 Video Converter, aplikasi Timbre adalah yang paling lengkap dan jadi solusi terbaik untuk berbagai kegiatan digital Anda. Dalam satu buah aplikasi, banyak sekali fitur dalam dua bagian, Audio dan Video.

Tak cuma Anda bisa mengubah video jadi audio saja, Anda bisa mengeditnya. Seperti menaikkan volume, reverse, split, menaikkan kecepatan, memotong, serta membuat GIF. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Tekno Tips
  2. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini