Cara Menghapus Jejak Digital Media Sosial di Internet

Jumat, 25 Oktober 2019 10:00 Reporter : Indra Cahya
Cara Menghapus Jejak Digital Media Sosial di Internet Ilustrasi Hapus Tweet. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kehidupan kita tak bisa dimungkiri dipenuhi dengan aneka posting sosial media. Kita pun selalu meninggalkan jejak di beberapa platform di mana Anda aktif di dalamnya.

Misalnya saja saat Anda memosting foto atau bahkan memberikan komentar pada postingan teman Anda. Tanpa disadari, Anda telah meninggalkan jejak digital yang bisa jadi memberikan efek di kehidupan nyata. Bahkan dalam bertahun-tahun mendatang.

Ya, jejak digital Anda akan tersimpan dalam mesin pencarian yang banyak digunakan, yaitu Google.

Hanya dengan mencari nama Anda di mesin pencarian Google ini, pasti Anda menemukan beberapa hal seputar diri Anda, yang biasanya muncul dari media sosial.

Untuk itu, berhati-hati dalam memposting adalah hal yang wajib. Namun dampak dari peninggalan jejak diri Anda yang mudah ditemukan ini, nantinya bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini bakal mempengaruhi penilaian orang yang sedang mencari tahu tentang diri Anda.

Namun tenang saja, Anda bisa menghapus jejak diri yang sudah ditinggalkan di internet ini. Ada beberapa aplikasi dan situs online yang bisa bantu Anda untuk membersihkan jejak masa lalu di dunia maya.

Berikut deretan cara menghapus jejak digital Anda di internet, melansir Tekno Liputan6.com.

1 dari 4 halaman

Hapus Cuitan di Twitter

Dari dulu hingga sekarang aplikasi jejaring sosial Twitter masih sangat aktif digunakan oleh penggunanya. Tidak ada salahnya kalau Anda merupakan pengguna yang sangat aktif di Twitter dan rajin berkicau membahas isu tertentu.

Namun kalau Anda pernah meninggalkan hal-hal berupa cuitan negatif, alangkah baiknya Anda perlu menghilangkan jejak ini.

Ya, Anda bisa menggunakan Tweetdelete untuk menghapus semua tweet. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Saat Anda mengaktifkan aplikasi ini, maka akan menghapus tweet lama Anda.

2 dari 4 halaman

Hapus Foto di Facebook

Bagi Anda yang sangat aktif mengunggah foto di Facebook, pasti tidak terlepas dengan banyaknya komentar dan likes dari teman-teman. Beragam foto dan aneka komentar pun bisa dilontarkan. Namun kalau suatu saat Anda malu untuk mengingat-ingat kejadian pada foto yang di-upload dan komentar-komentarnya, Anda bisa menghilangkan jejak itu.

Ya, Anda bisa menggunakan aplikasi Exfoliate untuk menghapus posting foto, likes, dan komentar yang pernah Anda unggah. Anda cukup install aplikasi ini, kemudian tentukan tipe konten yang ingin dihapus seperti foto, likes, atau komentar, rentang waktu posting, dan lokasi posting. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke akun Facebook Anda, dan proses akan dimulai dari data terlama.

3 dari 4 halaman

Menghapus Posting di Banyak Media Sosial

Kalau Anda memiliki beberapa akun media sosial, dan ingin menghilangkan jejak-jejak negatif di sana, Anda bisa menggunakan Justdeleteme.

Ya, situs ini bisa bantu Anda untuk menghapus akun media sosial atau situs web yang sulit dihapus. Cara menggunakan Justdeleteme.com ini cukup mudah, yaitu hanya dengan klik akun yang ingin dihapus. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk masuk pada laman untuk menghapus akun di media sosial tersebut.

4 dari 4 halaman

Hapus Semua Akun di Internet

Untuk memudahkan Anda menghapus semua akun yang ada di internet, Wille Dahlbo dan Linus Unneb ck menciptakan Deseat.me.

Merupakan layanan situs yang bisa menghapus jejak informasi Anda di internet. Caranya menggunakannya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan email kemudian ikuti petunjuk atau arahan dari situs tersebut. [idc]

Baca juga:
Ini Cara Bersihkan Headphone Jack di Smartphone yang Kotor
Cara Aktifkan Dark Mode di iPhone
Cara Ubah Audio Jadi Teks Gunakan Google Recorder
Apa Itu Fitur HDR di Kamera Smartphone?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini