Cara Mengetahui HP BM atau Tidak, Penting Cek Tiga Hal Ini selain IMEI

Kamis, 8 Desember 2022 12:17 Reporter : Fauzan Jamaludin
Cara Mengetahui HP BM atau Tidak, Penting Cek Tiga Hal Ini selain IMEI Cara Mengetahui HP BM atau Tidak, Penting Cek Tiga Hal Ini selain IMEI. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Meski pemerintah sudah menerbitkan aturan tentang pengendalian International Mobile Equipment Identity atau IMEI, namun masih ada oknum yang coba-coba menjual handphone HP black market (HP BM) di Indonesia. Demi mendatangkan pembeli, mereka rela menjual HP-HP BM dengan harga menggiurkan. Sehingga, mau tidak mau pembeli tertarik untuk membelinya.

Walau begitu, ada juga karena ketidaktahuan masyarakat mengenai mana HP resmi maupun tidak resmi, akhirnya tertipu. Ini justru merugikan masyarakat yang telah rela menyisakan uangnya untuk membeli ponsel dambaannya. Masalahnya, di antara kedua HP baik resmi maupun BM, nyaris sama.

Mulai dari tampilan hingga performa HP BM dengan HP bergaransi. Nah, agar masyarakat tak tertipu dengan tampilan dan performa HP yang akan dibeli, mana HP resmi dan mana HP tak resmi, berikut adalah cara mengetahui HP BM atau tidak. Merdeka.com mencoba merangkumnya:

2 dari 2 halaman

Perlu Cek IMEI

IMEI ini wajib hukumnya dicek terlebih dahulu sebelum membeli smartphone. Karena dengan IMEI kita bisa mengetahui bahwa HP yang akan dibeli benar-benar resmi masuk Indonesia.

Tak perlu bingung bagaimana cara mengecek IMEI. Anda hanya perlu menekan tombol *#06#. Setelah itu, akan muncul nomor IMEI yang tertera pada layar.

cara mengetahui hp bm atau tidak penting cek tiga hal ini selain imei

©2022 Merdeka.com

Nah, nomor itu kemudian cocokan dengan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di https://imei.kemenperin.go.id/. Jika IMEI terdaftar, maka akan muncul notifikasi bahwa IMEI terdaftar di database kementerian.

Lihat Box HP Berbahasa Indonesia

Terlihat memang sepele, namun ini penting juga. Mengapa? Karena kebanyakan kotak penyimpanan HP-HP BM itu berbahasa asing atau mayoritas Inggris.

cara mengetahui hp bm atau tidak penting cek tiga hal ini selain imei

©2022 Merdeka.com

Nah, jika HP yang mau Anda beli di box tersebut berbahasa Indonesia, itu artinya smartphone yang akan dibeli aman atau dijamin legal.

Garansi Resmi Merek

Ini juga jangan sampai ketinggalan untuk ditanyakan. Jika beli HP baru dengan garansi toko, maka jelas tinggalkan saja dan cari HP lainnya. Pasalnya, bila jaminan toko atau distributor, itu bukanlah garansi resmi.

Garansi resmi akan ditanggung oleh pemegang merek. Andaikan suatu saat terjadi masalah pada HP, maka dapat diperbaiki di service center resmi pemegang merek. Kalau bukan garansi resmi, Anda tentu tidak bisa meminta garansi resminya.

[faz]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini