AWS Umumkan Peningkatan Ketrampilan Cloud Computing untuk SDM Indonesia

Selasa, 16 Juli 2019 13:11 Reporter : Fauzan Jamaludin
AWS Umumkan Peningkatan Ketrampilan Cloud Computing untuk SDM Indonesia AWS Cloud Day Jakarta 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Amazon Web Services (AWS) dalam acara AWS Cloud Day Jakarta 2019, mengumumkan rencana program peningkatan keterampilan cloud computing yang dirancang untuk membantu transformasi digital Indonesia.

Rencana ini termasuk dengan menetapkan target untuk melatih ratusan ribu sumber daya manusia Indonesia dalam berbagai keahlian layanan cloud di tahun 2025. AWS akan bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia dan instansi pelatihan terkait lainnya.

Menurut studi Bank Dunia berjudul "Preparing Information and Communications Technology (ICT) Skills for Digital Economy (March 2018)," Indonesia akan membutuhkan sembilan juta tambahan Sumber Daya Manusia kerja yang terampil dan semi terampil di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi antara tahun 2015 hingga 2030.

Gunawan Susanto, PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia) Country Leader, mengatakan, dngan membantu membuka basis talenta secara masif yang dimiliki oleh negeri ini melalui berbagai inisiatif peningkatan kecakapan di bidang cloud, AWS dapat membantu membangun bakat Indonesia, yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi ekonomi negara.

"Kami percaya bahwa sumber daya manusia kerja yang siap dengan kecakapan cloud di masa depan adalah salah satu pilar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara," jelasnya di Jakarta, Selasa (16/7).

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hanif Dhakiri mengatakan, untuk menyambut Industri 4.0, pengembangan sumber daya manusia haruslah menjadi prioritas guna menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Oleh sebab itu, fokus dari Kementerian Ketenagakerjaan adalah untuk mengembangkan pelatihan vokasi untuk menghasilkan lebih banyak talenta digital yang berkompeten," kata dia.

"Tanggung jawab untuk mendorong dan memperkuat kualitas tenaga kerja Indonesia harus dilakukan secara bersama-sama oleh institusi pendidikan, pelaku industri, dan pemerintah. Kementerian Ketenagakerjaan membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pelaku industri seperti AWS, guna memastikan akan semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang memiliki akses terhadap pelatihan keterampilan cloud computing sesuai dengan kebutuhan inudstri," jelasnya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Amazon
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini