Agustus Mendatang, Three UK Pastikan Meluncurkan Jaringan 5G

Senin, 10 Juni 2019 14:20 Reporter : Fauzan Jamaludin
Agustus Mendatang, Three UK Pastikan Meluncurkan Jaringan 5G Three UK. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Operator Three UK mengumumkan bahwa jaringan 5G-nya akan diluncurkan pada bulan Agustus dengan dukungan untuk telepon seluler dan jaringan broadband perumahan.

Dilaporkan The Verge, Senin (10/6), pada akhir tahun lalu, perusahaan mengatakan jaringan akan tersedia di 25 kota di Inggris - termasuk London, Cardiff, Glasgow, Birmingham, Manchester, dan Liverpool - meskipun belum mengumumkan secara tepat di mana layanan akan tersedia diluncurkan. Sementara, untuk layanan broadband akan tersedia di London.

Dengan peluncuran jaringan 5G mereka, menjadikannya perusahaan telekomunikasi ketiga yang meluncurkan 5G.

Sebelumnya, ada operator seluler EE. Saat pertama kali diluncurkan, EE menjalankan jaringan 5G di 6 kota di seluruh Inggris. Namun, pelan-pelan ditingkatkan wilayahnya menjadi 16. Dalam waktu seminggu, mereka sudah menawarkan kecepatan rata-rata 200 Mbps.

Kemudian yang kedua adalah Vodafone. Jaringan 5G mereka akan diluncurkan pada 3 Juli mendatang dengan cakupan 19 kota di Inggris.

Meskipun menjadi operator seluler ketiga yang menyelenggarakan jaringan 5G, Three UK mengklaim bahwa jaringannya akan 2 kali lebih cepat dibandingkan para pesaingnya, EE dan Vodafone.

Kecepatan 2 kali lebih cepat itu dilatarbelakangi oleh spektrum yang dimiliknya yakni 140 MHz. Ini 2 kali lipat spektrum yang dimiliki kompetitornya.

Sayangnya, pihaknya belum mengumumkan harga atau ketersediaan handset di jaringannya. Kabarnya akan diumumkan lebih detail pada bulan depan. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini