6 Virus komputer paling berbahaya di dunia!

Selasa, 2 Desember 2014 00:02 Reporter : Yoga Tri Priyanto
6 Virus komputer paling berbahaya di dunia! ilustrasi virus internet. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Pavel Ignatov

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, bekerja di depan komputer atau laptop adalah sebuah rutinitas. internet jelas tak akan pernah ketinggalan. dari internet yang terhubung pada laptop, komputer, atau bahkan smartphone sekalipun, selalu memiliki banyak nilai positif dan negatif.

Nilai positif jelas dapat meringankan pekerjaan Anda. Sementara salah satu nilai negatifnya adalah perangkat Anda akan 'disatroni' virus. Bahkan virus tersebut ada yang sifatnya sangat berbahaya.

Sebagian besar orang tidak tahu dan tidak peduli dengan virus. Padahal virus komputer ini dapat menghilang beberapa file-file penting di dalam memori. Ada pula yang langsung mematikan sistem komputer sehingga tidak dapat dinyalakan lagi. Nah, kali ini merdeka.com akan menghadirkan 6 virus paling berbahaya di dunia. Virus apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 7 halaman

Code Red

rev1Code Red. © TheRichest.com

Pada tahun 2001, virus ini muncul di China dari sumber yang belum diketahui. Tidak seperti kebanyakan virus lainnya yang menyebar melalui email, Code Red menyebar melalui web browser. Target yang diserang akan menjadi tuan rumah situs web kemudian bakal menularkan virus kepada para pengunjung, lantas tulisan situs akan berganti dengan teks sederhana 'Hacked China!'

Menurut penelitian terakhir, virus ini sudah menyebar ke 400 ribu server di seluruh dunia, termasuk erb server White House dan menyebabkan kerugian sebesar USD 2,6 miliar.

3 dari 7 halaman

Conficker

6 virus komputer paling berbahaya di dunia!Conficker. © TheRichest.com

Conficker adalah worm komputer yang menargetkan sistem operasi Microsoft. Virus ini muncul pertama kali pada tahun 2008. Sangat sulit untuk mendeteksi, sebab Conficker dapat menyebar melalui email, USB drive, hard drive internal, atatu bahkan smartphone.

Setelah terinfeksi, worm akan menguhubungkan komputer dan botnet - jaringan yang terhubung dari 'komputer zombie' - yang dapat digunakan untuk serangan DoS guna mengumpulkan informasi keuangan penting.

4 dari 7 halaman

Storm Worm

rev1Storm Worm. © TheRichest.com

Storm Worm adalah virus yang berfungsi seperti Conficker, yakni menginfeksi komputer dan mengubahnya menjadi zombie untuk berpartisipasi dalam botnet. Virus ini mulai menyebar pada tahun 2006 lalu melalui email dengan baris subjek '230 dead as storm batters Europe'.

Segera setelah itu akan banyak pemberitahuan tentang berita buruk, termasuk perang dunia ketiga telah dimulai. Dengan cepat virus iu menyebar ke seluruh internet hingga menyebabkan sebanyak 8 persen komputer dunia terkena malware ini. Setidaknya sudah ada sekitar 10 juta unit komputer PC terjangkit virus ini.

5 dari 7 halaman

ILOVEYOU

6 virus komputer paling berbahaya di dunia!ILOVEYOU. © TheRichest.com

Virus ILOVEYOU menyebar melalui email dan datang dengan subjek bertuliskan ILOVEYOU. Tak hanya itu, terlampir pula file bernama 'Love-Letter-For-You.TXT.vbs'. Saat pengguna membuak file ini, maka dengan cepat virus akan menyebar.

Tahun 2000 lalu, kesadaran akan adanya virus ini cukup rendah. Sebab orang banyak yang tertarik ingin tahu siapa yang 'jatuh cinta' kepadanya. padahal itu adalah sebuah virus.

ILOVEYOU berasal dari Filipina dan meneybabkan kerugian hingga mencapai USD 5,5 miliar. Fantastis!

6 dari 7 halaman

Mydoom

6 virus komputer paling berbahaya di dunia!Ilustrasi Virus Komputer. ©2014 Merdeka.com

Adalah worm komputer yang paling cepat menyebar dalam sejarah virus. Sampai hari ini pun, tidak ada yang tahu siapa yang menciptakan virus Mydoom.

Januari 2004, virus ini memulai debutnya di internet. Hanya butuh waktu 24 jam saja, jutaan komputer di seluruh dunia terinfeksi berdasarkan email. Mydoom menciptakan botnet besar yang juga melakukan seranagan DDoS pada raksasa internet sekelas Microsoft dan Google hingga dalam beberapa hari situs mereka pun down!

Dari data yang didapat, untuk memulihakn serangan Mydoom membutuhkan biaya sebesar USD 38 miliar!

7 dari 7 halaman

Stuxnet

6 virus komputer paling berbahaya di dunia!Stuxnet. © TheRichest.com

Stuxnet adalah cyberweapon Amerika-Irael yang dirancang untuk menghancurkan pembangkit listrik tenaga nuklir Iran dan memperlambat kemajuan mereka. Iran sendiri menemukan Stuxnet dalam sistem kontrol pabl=rik nuklir mereka pada tahun 2010 lalu.

Virus ini bekerja secara bertahap dan halus dengan meningkatkan kecepatan rotasi sentrifugal nuklir yang bertenaga tanaman. Perlahan-lahan mengahncuran mereka dan kembali ke pusat kontrol dengan mengabarkan bahwa semua baik-baik saja. Sehingga kerusakan di dalam sistem tidak terlihat dari pusat kontrol.

KOde Stucnet sendiri sangat cangih, karena rumit dan sulit ditembus. Butuh beberapa tahun untuk mendeteksi terjangkitnya satu unit komputer pada virus Stuxnet. [ega]

Baca juga:
Komputer terkena virus? Langsung instal ulang OS Windows!
Regin, virus Trojan super yang infeksi komputer 10 negara
Sebuah virus Trojan canggih mata-matai komputer dunia sejak 2008
Hacker akan lenyap dari muka bumi saat antivirus A3 lahir
iWorm, virus baru yang sudah menginfeksi 17 ribu lebih Apple Mac
Wah, jejaring sosial 'anti-Facebook' kena serangan virus

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini