6 Prediksi dari Surface Mobile, proyek smartphone baru Microsoft

Minggu, 11 Juni 2017 15:39 Reporter : Indra Cahya
6 Prediksi dari Surface Mobile, proyek smartphone baru Microsoft Microsoft Surface Mobile. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sudah sejak lama Microsoft dirumorkan akan membuat smartphone. Perusahaan yang sukses di bidang IT tersebut sebenarnya sudah pernah 'terjun' ke ranah tersebut namun kalah saing. Siapkah mereka untuk kembali?

CEO Microsoft Satya Nadella sendiri belum siap untuk menyerah. Justru ia 'berjanji' akan membangun pasar baru dengan perangkat yang juga baru. Dilansir dari The Next Web yang mengutip wawancara beliau dengan Australian Financial Review, sang CEO menyatakan bahwa Microsoft akan melanjutkan kiprah mereka di dunia smartphone, dengan 'secara unik memproduksi perangkat mobile yang canggih.'

Dilansir dari Phone Arena, dirumorkan akan segera muncul ponsel besutan Microsoft yang akan diberi nama senada dengan lini lainnya, yakni Microsoft Surface Mobile. Tak cuma soal nama, ada beberapa bocoran yang diapat dari video daskripsi di Bilibili, sebuah platform video dari China.

Berikut beberapa bocoran dan mungkin prediksi akurat dari Microsoft Mobile Phone.

1. On-table projection

Surface Mobile disebut akan mempunyai fitur "On-table projection" di mode Continuum. Hal ini membuat Anda bisa menggunakan smartphone Anda sebagai desktop. Continuum sendiri merupakan implementasi pertama dari desktop-on-a-smartphone layaknya smartphone DeX.

Surface Mobile ini juga akan mengusung sebuah stand, yang membuat smartphone ini bisa bersandar 185 derajat. Hal ini akan membuat smartphone ini selayaknya smartphone yang secara default terlihat seperti smartphone untuk bisnis, serta senada dengan 'keluarga' di lini Surface lainnya.

2. Surface Pen

Rumor soal fitur terbesar adalah adanya dukungan untuk Surface Pen. Terlebih lagi, mungkin akan ada Surface Pen yang didesain khusus untuk Surface Mobile.

3. Hardware

Dari rumor, ada berita baik dan buruk. Berita baiknya, Surface Mobile akan mengusung chipset Snapdragon yang terkenal baik soal performa maupun konsumsi daya. Masalahnya, Microsoft hanya akan menaruh prosesor papan tengah atau mid-range di Surface Mobile.

Kemungkinan besar, Snapdragon 660 akan jadi prosesor yang memotori Surface Mobile.

Selain soal prosesor, beberapa bulan lalu Microsoft mematenkan sebuah teknologi dua layar di perangkat yang bisa dilipat. paten misterius ini mungkin adalah salah satu konsep yang diusung Surface Mobile.

4. Software

Tentu jika kita membicarakan Microsoft, kita berharap adanya sistem operasi mobile khusus untuk Microsoft, seperti WIndows 10 Mobile. OS ini sempat naik daun di era Nokia Lumia.

Meski demikian, dari bocoran yang muncul terlihat bahwa akan ada perubahan terhadap perangkat mobile Microsoft, di mana berbagai platform akan lebih bisa digunakan di OS ini.

5. Surface Peking dan Surface Slavonia

Salah satu deskripsi penting dari bocoran soal Surface Mobile adalah penyebutan dua nama yakni "Surface Peking" dan "Surface Slavonia." Kedua nama ini tentu tak terdengar seperti fitur, alih-alih mungkin ini adalah sebuah nama model, atau nama kode, atau mungkin juga dua buah perangkat berbeda yang keduanya mengusung konsep mobile.

Nama keduanya berdasarkan dua lokasi, yakni Peking di China, dan Slavonia di Kroasia. Microsoft sendiri suka memberi nama semacam ini.

Hal ini juga menjelaskan mengapa tak ada bocoran spesifik soal chipset. Mungkin keduanya mengusung chipset dan internal yang berbeda. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Microsoft
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini