5 Keunikan dari Samsung Galaxy Note 9

Selasa, 14 Agustus 2018 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
5 Keunikan dari Samsung Galaxy Note 9 Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Android Authority

Merdeka.com - Pekan lalu, Samsung resmi merilis Galaxy Note 9 yang didukung oleh layar Super AMOLED berukuran 6,4inci yang besar dan indah. Tidak hanya itu, chip yang bersemayam di tubuh Note 9 adalah Snapdragon 845 yang kuat dan kamera mengesankan dengan taburan sihir AI di atasnya.

Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Ada beberapa keunikan dari Galaxy Note 9 yang bisa dijadikan sebagai nilai jual tinggi. Keunikan ini membuat Note 9 berbeda dengan perangkat lainnya.

Kira-kira apa saja? Berikut ini adalah 5 keunikan dari Samsung Galaxy Note 9.

1 dari 6 halaman

S Pen bertenaga Bluetooth

Keunikan Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Merdeka.com

Ya, S Pen dari Galaxy S Pen ini memang dilengkapi dengan Bluetooth yang akan membuat perangkat ini makin canggih. Berkat teknologi tersebut, S Pen dapat bekerja dari jarak hingga 30 kaki atau 9 meter saat digunakan sebagai clicker presentasi, YouTube, atau remote hutter, dan lain sebagainya.

Kemudian, S Pen ini bisa dicharge sangat cepat. Dengan pengisian 40 detik saja, pengguna bisa menggunakan S Pen selama 40 menit. Lalu di mana letak baterai dari S Pen? Rupanya Samsung tidak menggunakan baterai fisik, melainkan superkapasitor. Sebuah elemen yang tidak seperti baterai isi ulang biasa, tidak cepat rusak seiring waktu dan dapat bertahan lebih dari 10 tahun. Superkapasitor juga dapat diisi jauh lebih cepat daripada baterai biasa, seperti yang dibuktikan dengan waktu pengisian S Pen terbaru.

2 dari 6 halaman

Penyimpanan 512GB

Keunikan Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Merdeka.com

Secara teknis, Galaxy Note 9 bukan smartphone pertama yang memiliki internal storage 512GB, Huawei Mate RS sudah lebih dulu menggunakannya. Akan tetapi, Samsung memiliki keunggulan lain. Yang mana Galaxy Note 9 dilengkapi dengan slot microSD yang dapat menampung hingga 512GB.

Dengan kata lain, penyimpanan Samsung Galaxy Note 9 bisa mencapai 1TB! iPhone X? Lewat!

3 dari 6 halaman

A dock-less DeX

Keunikan Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Merdeka.com

DeX adalah penemuan yang cukup unik dan menarik. Bagi yang belum tahu, ini adalah cara mudah menghubungkan smartphone Anda ke monitor eksternal dan pada dasarnya memiliki pengalaman seperti dekstop.

Akan tetapi, DeX biasanya memerlukan stan berupa dock yang Anda harus memasang smartphone di dock tersebut serta kurang simple. Nah, dengan Galaxy Note 9 ini, smeuanya jadi lebih sederhana lagi. Anda hanya tinggal menghubungi dongle kecil (USB) yang terhubung ke HDMI monitor. Sehingga Anda dapat memasuki mode DeX tanpa dock.

Sekali lagi, Samsung bukan yang pertama dalam 'permainan' ini karena Huawei sekali lagi sudah melakukan hal yang serupa. Huawei menggunakan satu kabel. Namun Samsung unik dalam menawarkan pengalaman desktop yang sangat halus seperi dengan opsi untuk menggunakan Galaxy Note 9 sebagai trackpad. Juga manajemen daya untuk menangani beban tambahan. OK, ini menarik.

4 dari 6 halaman

Deteksi lensa kotor

Keunikan Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Merdeka.com

Ini adalah fitur yang benar-benar baru untuk keluarga Galaxy. Namanya Lens Smudge, yang mana fitur ini akan bekerja secara cerdasa saat lensa kamera belakang Anda kotor. Kemudian fitur Lens Smudge akan memberi tahu Anda tentang hal itu.

Tapi kapan lensa kamera kotor? Sebenarnya cukup sering. Misalnya bekas sidik jari yang menempel saat Anda keliru menempelkan telunjuk saat ingin membuka kunci smartphone namun malah menempelkannya pada kotak kamera. Samsung peka dengan banyaknya orang yang bertanya mengapa hasil foto buram dan tidak tajam. Hal itu diketahui memang disebabkan oleh lensa kamera yang kotor.

5 dari 6 halaman

Sistem pendingin yang mengesankan

Keunikan Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Merdeka.com

Water-carbon yang berada di dalam tubuh Galaxy Note 9 seperti yang telah dibahas sebelumnya, ternyata jauh lebih besar dari Galaxy Note 8. Jauh lebih besar! Serius, ini jauh lebih besar. Dan yang lebih menarik lagi, water-carbon yang didapuk sebagai pendingin smartphone miliki Galaxy Note 9 berisi air asli di dalamnya!

Ini adalah sebuah terobosan yang menarik. Kini hanya tinggal membongkar bagaimana rahasia Samsung meletakkan air asli di sana dan bertahan tanpa menguap. Menarik, bukan?

6 dari 6 halaman

Bonus

Samsung Galaxy Note 9. ©2018 Android Authority

Itu tadi adalah sederet keunikan dari Samsung Galaxy Note 9 yang memang cukup menarik dan siap untuk berkompetisi dengan para kompetitor. Nah dari 5 keunikan Galaxy Note 9 tadi, ada satu yang ingin kami tambahkan sebagai bonus. Tapi ini bukan membahas keunikan, melainkan 'hal mengejutkan' dari Galaxy Note 9.

Apakah itu?

Harga Samsung Galaxy Note 9 mahal! Bayangkan, USD 1000 atau lebih dari Rp 14 juta! Itu pun versi termurah. Sedangkan untuk versi termahal dari Galaxy Note 9 adalah Rp 17,9 juta.

Secara fitur dan model, Galaxy Note 9 tidak mengikuti Apple sih. Hanya saja kami tidak menyangka Samsung justru mengikuti Apple dari segi harga. Tapi memang patut diapresiasi atas apa yang dilakukan Samsung walau bagaimana pun. Teknologi canggih dan terbaru yang disematkan pada Galaxy Note 9 cukup menarik. Harga setinggi itu mungkin pantas. Akan tetapi... Ah, Rp 14 juta, Mate!. All right.

Pendapat kalian? [ega]

Baca juga:
Jangankan lawan iPhone X, kalahkan OnePlus 6 pun Galaxy Note 9 tak mampu
Di Indonesia, Samsung mulai buka pre order Galaxy Note 9
Perbedaan Samsung Galaxy Note 9 dan Note 8
Samsung Galaxy Note 9 dibongkar, begini isinya!
Harga Samsung Galaxy Note 9 paling murah Rp 13,4 juta!
Samsung Galaxy Note 9 resmi dirilis global di New York

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini