Tujuan Laporan Keuangan dan Manfaatnya, Wajib Diketahui

Rabu, 12 Agustus 2020 12:30 Reporter : Ani Mardatila
Tujuan Laporan Keuangan dan Manfaatnya, Wajib Diketahui Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/club4Traveler

Merdeka.com - Laporan keuangan adalah dokumen dan catatan yang dikumpulkan untuk melacak dan meninjau berapa banyak uang yang dihasilkan atau dikeluarkan suatu bisnis.

Pelaporan keuangan melibatkan pengungkapan informasi keuangan kepada berbagai pemangku kepentingan tentang kinerja keuangan dan posisi keuangan organisasi selama periode waktu tertentu. Stakeholder ini termasuk investor, kreditor, publik, penyedia utang, pemerintah dan lembaga pemerintah.

Dalam kasus perusahaan yang terdaftar, frekuensi pelaporan keuangan adalah triwulanan dan tahunan. Pelaporan keuangan biasanya dianggap sebagai produk akhir dari akuntansi.

Akuntan tahu pentingnya pelaporan keuangan. Laporan keuangan tidak hanya memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan informasi keuangan kepada orang-orang di luar perusahaan, tetapi mereka juga menawarkan wawasan internal kepada tim kepemimpinan tentang apa yang berfungsi, apa yang tidak, dan bagaimana cara memperbaikinya.

Berikut tujuan laporan keuangan dan pentingnya hal tersebut dalam suatu perusahaan:

Baca Selanjutnya: Mengenal Tentang Laporan Keuangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini