Siapkan 'Rumah Sehat', Pemkot Medan Kembali Buka Sentra Vaksinasi Massal

Kamis, 23 September 2021 16:09 Reporter : Fatimah Rahmawati
Siapkan 'Rumah Sehat', Pemkot Medan Kembali Buka Sentra Vaksinasi Massal Siapkan 'Rumah Sehat', Pemkot Medan Kembali Buka Sentra Vaksinasi Massal. Instagram/@prokopim_pemkomedan ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kembali akan menggelar vaksinasi Covid-19 massal di wilayahnya. Saat ini Pemkot Medan tengah mempersiapkan Rumah Sehat yang akan digunakan sebagai sentra vaksinasi massal.

Rumah Sehat ini didirikan di lahan kosong, persis di samping Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto Medan.

Sentra vaksinasi Covid-19 kembali akan dibuka dengan harapan semakin banyak masyarakat yang dapat terlayani untuk vaksinasi Covid-19 guna mempercepat terwujudnya herd immunity di Kota Medan.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution saat mengunjungi Rumah Sehat pada Rabu (22/9).

"Salah satu hal terpenting dalam penanganan Covid-19 adalah vaksinasi. Alhamdulillah, jika kemarin kita mendapat supply vaksin 60 ribu dosis, kini bertambah mencapai 100 ribu lebih dosis. Dengan penambahan ini makanya vaksinasi akan semakin dimasifkan," kata Bobby.

Melansir dari unggahan akun Instagram @prokopim_pemkomedan pada Kamis (23/9), berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Semula Disiapkan untuk Tempat Isoter

siapkan 039rumah sehat039 pemkot medan kembali buka sentra vaksinasi massal
Instagram/@prokopim_pemkomedan ©2021 Merdeka.com

Rumah Sehat itu awalnya dipersiapkan Pemkot Medan sebagai lokasi isolasi terpusat (isoter) saat kasus Covid-19 di Kota Medan masih tinggi.

Lokasi tersebut pada awlanya direncakan akan dibuka bersamaan dengan diresmikannya KM Bukit Raya di Pelabuhan Belawan sebagai isoter terapung. Namun, karena ada beberapa hal yang belum terpenuhi, pengoperasiannya pun tertunda.

Kabar baiknya kasus Covid-19 di Kota Medan saat ini sudah mengalami penurunan. Bahkan, statusnya sudah berada di Level 3 PPKM, dari yang semula Level 4.

"Alhamdulillah, hari ini kita sama-sama mengetahui kasus Covid-19 di Kota Medan mengalami penurunan. Untuk hari ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 97 kasus dan positivity rate berada di angka 7%. Oleh karenanya, penanganan akan terus dilakukan, terutama penguatan tracing dan testing di masyarakat," ujar Bobby.

3 dari 3 halaman

Belum Beroperasi

Meski begitu, Bobby mengatakan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan para inisiator guna melihat kesiapan lokasi Rumah Sehat yang nanti akan digunakan sebagai sentra vaksinasi.

Sebab, Ia tidak ingin vaksinasi massal yang dilakukan mengabaikan penerapan protokol kesehatan (prokes). Untuk itu perlu perencanaan dan persiapan yang matang seperti jalur pendaftaran, ruang tunggu maupun tempat parkir.

"Lokasi rumah sehat ini berdekatan dengan pusat perbelanjaan. Jadi, bukan tidak mungkin juga turut membantu memudahkan masyarakat terutama para pekerja mall yang belum divaksinasi. Mereka bisa menggunakan waktu istirahat makan siang untuk mengikuti vaksinasi yang nanti dilakukan," imbuhnya.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini