Peringatan 26 November Hari Tanpa Belanja Sedunia, Anda Bisa Lakukan Ini

Sabtu, 26 November 2022 06:30 Reporter : Ani Mardatila
Peringatan 26 November Hari Tanpa Belanja Sedunia, Anda Bisa Lakukan Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Demi Belanja Aman dan Nyaman di Masa Pandemi. ©Shutterstock

Merdeka.com - Di Indonesia, Hari Tanpa Belanja biasa dirayakan pada hari Sabtu pada minggu terakhir November. Tahun ini, hari Sabtu dan Minggu terakhir bulan November jatuh pada tanggal 26 dan 27 November 2022.

Buy Nothing Day atau Hari Tanpa Belanja adalah hari yang cukup penting, yang dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Ini pada dasarnya adalah hari protes global terhadap konsumerisme.

Sebagai konsumen kita perlu mempertanyakan produk yang kita beli dan menantang perusahaan yang memproduksinya. Kita mulai menyaksikan risiko sebenarnya terhadap lingkungan dan konsumsi berlebihan negara-negara berkembang.

Setiap orang harus melakukan bagian mereka dengan mengambil tindakan proaktif sederhana untuk menyelesaikan krisis iklim dan Hari Tanpa Membeli adalah awal yang bagus untuk memulai. Berikut selengkapnya peringatan 26 November Hari Tanpa Belanja Sedunia:

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Tanpa Beli

Buy Nothing Day didirikan di Vancouver, Kanada oleh seniman Ted Dave pada bulan September 1992. Itu dirayakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Amerika (hari itu juga dikenal sebagai 'Black Friday').

ilustrasi belanja online
©2022 Shutterstock/John k studio.

Ini dianggap sebagai hari bagi masyarakat untuk menilai masalah konsumsi berlebihan. Baru pada tahun 1997 banyak negara memutuskan untuk memindahkan tanggal ke hari Jumat setelah Thanksgiving Amerika, yaitu Black Friday. Ini adalah salah satu tanggal belanja tersibuk di dunia, jadi mengadakannya di tanggal ini jelas memiliki arti yang sangat simbolis.

Siapa pun yang pernah melihat apa yang terjadi di Amerika Utara selama penjualan Black Friday memahami dengan sangat baik mengapa sudah saatnya kita mundur selangkah dan melihat diri kita sendiri, perilaku kita, dan merenungkan arti dari semua kegilaan Black Friday.

Segera setelah Hari Tanpa Beli dibuat, kampanye untuk memiliki hari refleksi serupa mulai muncul di Amerika Serikat, Inggris Raya, Israel, Austria, Jerman, Selandia Baru, Jepang, Belanda, Prancis, dan Norwegia. Lebih dari 65 negara saat ini berpartisipasi di dalamnya.

Adbusters, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas promosi awal ide Ted Dave untuk Hari Tanpa Belanja, menyatakan bahwa hari itu “bukan hanya tentang mengubah kebiasaanmu untuk satu hari” tetapi “tentang memulai komitmen gaya hidup yang langgeng untuk mengurangi konsumsi dan menghasilkan lebih sedikit limbah.”

3 dari 3 halaman

Merayakan Hari Tanpa Belanja Sedunia

Beberapa orang, termasuk ilmuwan Paul Ehrlich, percaya bahwa konsumsi berlebih dan kelebihan populasi mewakili masalah lingkungan sentral terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Dia telah menyatakan:

“Jika kita gagal mengendalikan pertumbuhan populasi dan konsumsi berlebihan, maka kita akan menghuni planet di mana kehidupan menjadi semakin tidak dapat dipertahankan.”

Sementara seluruh dunia sedang berfoya-foya, pikirkan tentang banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan pemborosan. Kategorikan semua sampah menjadi yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang dan bawa ke wadah terdekat. 

Pertimbangkan membilas dan menggunakan kembali beberapa wadah di rumah untuk memasak nanti, atau luangkan waktu untuk membuat kompos dari sampah makanan.

Beberapa kegiatan lainnya yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Memberi daripada menerima. Kumpulkan pakaian hangat, makanan, dan perlengkapan mandi yang dapat disumbangkan ke tempat penampungan lokal. 
  2. Sumbangkan obat sisa yang layak konsumsi, jamu ekstra, dan perlengkapan lainnya ke klinik gratis di dekat rumahmu.
  3. Tulislah surat ucapan terima kasih yang tulus kepada orang-orang yang paling kamu sayangi.
  4. Habiskan hari membuat hadiah buatan sendiri untuk orang yang kamu cintai. 
  5. Habiskan hari membuat minuman atau makanan sehat dari tanaman sekitar rumah untuk mendukung sistem kekebalanmu.
  6. Berjalan-jalanlah dan nikmati keindahan di sekitarmu.
  7. Gunakan hari itu untuk menyelesaikan sesuatu yang selama ini kamu tunda.
  8. Temukan cara-cara kecil untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas apa yang kamu miliki, ucapkan terima kasih, minum secangkir teh, dan puas.
  9. Jangan membeli apapun yang tak mendesak. 

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini