Pencipta Lagu Garuda Pancasila adalah Sudharnoto, Ketahui Lirik dan Maknanya

Sabtu, 13 Agustus 2022 15:53 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Pencipta Lagu Garuda Pancasila adalah Sudharnoto, Ketahui Lirik dan Maknanya Ilustrasi Pancasila. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pencipta Lagu Garuda Pancasila adalah lagu yang banyak dihafal oleh orang Indonesia. Lagu ini merupakan salah satu yang kerap dikumandangkan dalam perayaan Hari Lahir Pancasila. Selain itu, lagu Garuda Pancasila juga sering dinyanyikan ketika upacara pengibaran bendera.

Namun, masih belum banyak orang yang mengetahui siapa pencipta lagu Garuda Pancasila. Padahal, lagu ini kerap dinyanyikan dan diputar di mana saja. Selain itu, lagu ini juga memiliki makna yang cukup dalam. Sehingga hal tersebut perlu diketahui lebih jauh.

Selain digunakan dalam perayaan hari kesaktian Pancasila, lagu Garuda Pancasila juga kerap dikumandangkan ketika perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menghormati para pahlawan atas semangat juangnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Berikut Merdeka.com merangkum pencipta lagu Garuda Pancasila yang dikutip dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Pencipta Lagu Garuda Pancasila

Pencipta lagu Garuda Pancasila adalah Prohar Sudharnoto. Ia merupakan kepala seksi musik RP pada tahun 1959. Sebelum lagu itu menjadi Garuda Pancasila, sebelumnya diberi judul Maras Pancasila. Hal itu dilakukan sebagai bentuk untuk menggambarkan lambang Pancasila yaitu burung garuda. Selain itu, lagu ini diciptakan setelah pelaksanaan pemilu untuk pertama kalinya di Indonesia.

Sudharnoto merupakan seorang pria kelahiran 24 Oktober 1925. Ia merupakan pria yang pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi Universitas Indonesia. Ia mengambil jurusan kedokteran yang terinspirasi dari ayahnya yang merupakan dokter pribadi Mangkunegara VII.

Selain itu, ia juga bertekad untuk meningkatkan lagu-lagu anak yang meredup. Anak-anak sebagian besar menyanyikan lagu-lagu cinta dan hanya untuk orang dewasa. Hal itu merupakan langkah Sudharnoto untuk meningkatkan semangat anak-anak dengan lagu yang khusus dibuat untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, Sudharnoto juga sangat kuat dengan prinsipnya menjunjung tinggi musik daerah. Seperti halnya tanjidor khas Betawi, hingga saluang di Minangkabau. Ia juga menyusun pangkalan data musik daerah demi menyelamatkan musik-musik itu dari kepunahan.

3 dari 5 halaman

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Garuda pancasila 

Akulah pendukungmu 

Patriot proklamasi 

Sedia berkorban untukmu 

Pancasila dasar negara 

Rakyat adil makmur sentosa 

Pribadi bangsaku 

Ayo maju maju 

Ayo maju maju 

Ayo maju maju 

Garuda pancasila 

Akulah pendukungmu 

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu 

Pancasila dasar negara 

Rakyat adil makmur sentosa 

Pribadi bangsaku 

Ayo maju maju 

Ayo maju maju 

Ayo maju maju

4 dari 5 halaman

Makna Lagu Garuda Pancasila

Adapun lagu Garuda Pancasila memiliki makna yang cukup dalam. Makna ini perlu diketahui oleh orang-orang karena lagu ini berperan penting dalam menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Lagu Garuda Pancasila diciptakan untuk menggambarkan Pancasila dalam bentuk sebuah kesenian, yaitu musik. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan semangat persatuan bangsa Indonesia. Ada banyak cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, tapi Sudharnoto membungkusnya melalui sebuah lagu.

Selain itu, lagu Garuda Pancasila yang berperan sebagai penumbuh rasa cinta tanah air sekaligus pemersatu bangsa juga akan mudah diterima oleh masyarakat ketimbang orasi-orasi nasionalisme yang membosankan. Dengan menggunakan media lagu, orang akan lebih bisa menghafal dan menerimanya secara sukarela.

Adapun makna lagu Garuda Pancasila berdasarkan tiap baitnya yaitu sebagai berikut. Garuda Pancasila yaitu melambangkan lambang negara yaitu burung garuda.

“Akulah Pendukungmu” memiliki arti kita perlu menjunjung tinggi Pancasila sebagai bukti kedaulatan bangsa dan negara. “Patriot Proklamasi, Sedia berkorban untukmu” bermakna pejuang kemerdekaan akan selalu siap berkorban untuk negeri.

“Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa” bermakna Pancasila sebagai dasar negara akan membawa keadilan, kemakmuran, dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia jika diimplementasikan dengan baik.

Selain itu, untuk bait terakhir yaitu “Pribadi bangsaku, ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju maju” dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat dan mendorong bangsa Indonesia untuk selalu pantang menyerah dan selalu maju pantang mundur.

5 dari 5 halaman

Pemutaran Lagu Garuda Pancasila di TV

Pada masa Orde Baru, TVRI kerap memutar lagu Garuda Pancasila setelah siaran berita petang berakhir. Lagu itu akan diputar di TVRI pada pukul 20:00 WIB. Akan tetapi sejak tahun 2019, pemutaran lagu ini diubah jadwalnya dan diputar pada pukul 19:00 WIB. Hal tersebut karena waktu tayang berita juga dimajukan.

Lagu ini juga merupakan lagu penutup siaran di SCTV. Mereka memainkan lagu itu sebagai lagu penutup sehingga menjadi penanda bahwa tayangan SCTV pada hari itu telah berakhir.

Hal ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh media untuk memperkenalkan lagu Garuda Pancasila ke ranah publik supaya mudah dikenal dan dihafal oleh orang-orang yang menonton tayangan mereka.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini