Pemerintah Upayakan Vaksin Gratis Mulai 2021, Ini Kriteria dan Urutan Penerimanya

Senin, 28 Desember 2020 15:11 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Pemerintah Upayakan Vaksin Gratis Mulai 2021, Ini Kriteria dan Urutan Penerimanya simulasi penyuntikkan vaksin covid-19 di bandung. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Vaksin Sinovac kini sudah berada di Indonesia. Meskipun masih dalam tahap uji klinis, pemerintah optimis untuk mengupayakan pendistribusian mulai awal 2021. Dalam konferensi pers pada Sabtu (26/12), Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmoto juga menyampaikan kesiapan pemerintah daerah dalam pendistribusian.

"Pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin Covid-19 berjalan dengan lancar," katanya di Jakarta.

Begitu vaksin Sinovac tiba di Indonesia pada pekan pertama Desember lalu, Kemenkes segera mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 84 Tahun 2020 tentang Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Peraturan ini ditandatangani menteri saat itu, Terawan Agus Putranto, Senin (14/12).

Dalam PMK tersebut, terdapat 34 pasal, salah satunya mengenai penerima vaksin. Berikut kriteria dan prioritas penerima vaksin, yang rencananya akan didistribusikan 2021 mendatang:

Baca Selanjutnya: Bab III Bagian Kesatu Pasal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini