Mengenal Apa itu Radikal Bebas, Penyebab Kanker dan Dampaknya Bagi Tubuh

Jumat, 23 Oktober 2020 13:01 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Apa itu Radikal Bebas, Penyebab Kanker dan Dampaknya Bagi Tubuh Ilustrasi radikal bebas. ©Shutterstock.com/Sebastian Kaulitzki

Merdeka.com - Radikal bebas sering disandingkan sebagai penyebab peningkatan resiko berbagai penyakit seperti kanker dan Parkinson. Zat yang menghasilkan radikal bebas dapat ditemukan dalam makanan yang kita makan, obat-obatan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup dan air yang kita minum, menurut Huntington's Outreach Project for Education di Stanford University. Zat tersebut antara lain gorengan, alkohol, asap tembakau, pestisida dan polutan udara.

Seperti banyak hal yang terjadi di alam, radikal bebas bukan hanya mustahil untuk dihindari, tetapi juga diperlukan untuk kehidupan. Radikal bebas membantu kita melawan infeksi, memulai proses peradangan yang membantu memperbaiki kerusakan jaringan, dan stres oksidatif jangka pendek dapat menghambat penuaan. Pada saat yang sama, jumlah yang berlebihan berbahaya bagi manusia.

Jika radikal bebas memang sering disebut-sebut sebagai penyebab kanker payudara penting kiranya kita untuk mengetahui tentangnya dan apa saja sumbernya, tapi apakah sebenarnya radikal bebas itu? Berikut mengenal radikal bebas yang dirangkum oleh Merdeka:

Baca Selanjutnya: Apa itu radikal bebas?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini