Kitten Boleh Dimandikan Umur Berapa? Simak Jawabannya, Jangan Sampai Keliru

Sabtu, 13 Agustus 2022 16:23 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Kitten Boleh Dimandikan Umur Berapa? Simak Jawabannya, Jangan Sampai Keliru Ilustrasi Kucing. ©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Merdeka.com - Memiliki anak kucing atau kitten merupakan hal yang menyenangkan. Pasalnya, anak kucing memiliki bentuk dan tingkah lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara merawat kitten atau anak kucing dengan benar. Termasuk pertanyaan kitten boleh dimandikan umur berapa, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Orang yang merawat kitten cenderung ingin menjaganya supaya tetap bersih dari kotoran yang menempel di badannya. Pasalnya, anak kucing biasanya masih belum memiliki insting untuk menjilati tubuhnya sendiri sebagaimana yang kerap dilakukan oleh kucing dewasa.

Maka dari itu, untuk menjawab kitten boleh dimandikan umur berapa, berikut Merdeka.com merangkum penjelasannya yang bisa Anda ketahui sekaligus tata cara memandikan kitten yang baik dan benar.

2 dari 3 halaman

Apakah Kucing yang Baru Lahir Boleh Dimandikan?

Kucing yang baru lahir tentu tidak boleh dimandikan. Hal ini disebabkan karena dua hal. Pertama, karena kucing yang baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Memandikan kucing yang baru lahir akan mengakibatkan kucing mengalami hipotermia. Hal ini tentu akan menyiksa kondisi kucing.

Kedua, apabila dimandikan dengan menggunakan sampo, dikhawatirkan kulit kucing akan mengelupas dan menyebabkan kulit kucing menjadi kering dan muncul ruam. Hal ini juga berlaku ketika Anda menggunakan sampo kucing. Sampo kucing juga tetap akan membuat kulit anak kucing menjadi mengelupas dan kucing menjadi tidak sehat.

Cara untuk membersihkan anak kucing yang kotor setelah dilahirkan sebetulnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu untuk membasuhnya dengan handuk bersih saja. Tidak perlu memandikannya dengan air sebagaimana yang Anda lakukan kepada kucing dewasa.

Lantas, kitten boleh dimandikan umur berapa? Jawabannya, umur yang tepat untuk memandikan kitten adalah dua bulan atau delapan minggu. Karena pada usia tersebut, kucing sudah memiliki imunitas yang kuat.

Ada waktu yang disarankan untuk memandikan kucing, yaitu pukul 10.00 hingga 16.00. Hal tersebut perlu diketahui karena jika memandikan kucing di luar jam tersebut, seperti terlalu pagi atau terlalu malam akan membuat kucing mengalami hipotermia.

Kucing tidak perlu dimandikan terlalu sering. Hal ini karena kucing sudah bisa membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati bulunya.

3 dari 3 halaman

Cara Memandikan Kucing dengan Benar

Kucing merupakan hewan yang perlu untuk dirawat dengan baik. Salah satu cara merawatnya dengan membersihkannya. Berikut tata cara memandikan kucing dengan benar yang dilansir dari laman pets.webdm.com.

1. Potong Kuku

Cara memandikan kucing yang perlu diingat adalah memotong kuku. Sebelum Anda memandikannya, pastikan Anda sudah memotong kuku kucing. Hal ini untuk menghindari Anda terkena cakar ketika memandikannya. Pasalnya, cakaran kucing ini mudah sekali menimbulkan infeksi.

2. Sikat 

Sebelum memandikan, Anda juga perlu untuk menyikat bulu kucing. Bulu kucing memang terkenal gampang rontok, jika Anda menyikatnya terlebih dahulu sebelum memandikannya, maka ini akan mempermudah Anda untuk membersihkan bulunya dengan bersih.

3. Perhatikan Waktunya

Kucing biasanya tidak suka dengan air. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk memandikan kucing. Kucing yang sangat aktif akan menolak untuk dimandikan. Maka dari itu, Anda harus bersabar ketika menunggu waktunya kucing untuk menenangkan diri. Hal ini dilakukan supaya ketika dimandikan, Kucing tidak memberontak.

4. Gunakan Sampo Kucing

Kucing memiliki kulit yang berbeda dengan manusia. Maka dari itu, jangan gunakan sampo manusia ke tubuh kucing. Hal itu membuat kucing merasa tidak nyaman. Selain itu, zat yang terkandung dalam sampo manusia juga tidak akan ketika kucing menjilatinya. Itu akan berbahaya bagi tubuh kucing.

5. Jangan Masukkan ke dalam Air

Kucing mungkin tidak suka ketika langsung Anda masukkan ke dalam air. Itu akan membuatnya merasa akan tenggelam. Maka dari itu, cobalah untuk mengguyur kucing dengan perlahan sampai kucing merasa nyaman. Selain itu, Anda juga bisa mengelusnya dengan lembut.

6. Bilas dengan Tepat

Setelah Anda memberikan sampo kucing dan meratakannya, Anda harus membilasnya dengan sempurna. Anda perlu membilas kucing dengan menggunakan air hangat dan bilaslah dengan lembut. Selain itu, pastikan tidak ada sampo yang tersisa karena apapun yang tersisa di tubuh kucing akan tertelan oleh kucing dan itu sangat berbahaya.

7. Keringkan

Setelah memandikan kucing, jangan lupa untuk mengeringkan setelahnya. Keringkan secepat mungkin dengan menggunakan handuk besar dan simpan di ruangan yang hangat sampai kucing benar-benar kering.

Jika kucing Anda sudah terbiasa, gunakan pengering rambut supaya kucing Anda bisa cepat kering tanpa harus menunggu terlalu lama.  Hal itu dilakukan supaya kucing tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjilati seluruh tubuhnya yang basah.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini