Jadi 'Mario Bros' Sambil Buka Perpustakaan Keliling Gratis, Kisah Pria Ini Inspiratif

Sabtu, 31 Oktober 2020 19:30 Reporter : Fatimah Rahmawati
Jadi 'Mario Bros' Sambil Buka Perpustakaan Keliling Gratis, Kisah Pria Ini Inspiratif Jadi 'Mario Bros' Sambil Buka Perpustakaan Keliling Gratis, Kisah Pria Ini Inspiratif. Instagram/@busapustaka ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kisah inspiratif datang dari seorang pria di Bandar Lampung, bernama Adi Sarwono. Ia merupakan pegawai swasta yang rela berkeliling setiap akhir pekan sambil membawa ratusan buku untuk bacaan anak-anak secara gratis.

Melansir dari kitabisa, pria yang akrab disapa Mang Adiono ini memulai rutinitas perpustakaan kelilingnya sejak 2017 lalu. Aksi sosialnya ini Ia lakukan berawal dari keresahannya terhadap minimnya akses masyarakat, terutama anak-anak, memperoleh bahan bacaan. Khususnya untuk mereka yang ada di pelosok daerah.

Dari situlah tekadnya muncul untuk membuat perpustakaan keliling, yang kemudian Ia beri nama Busa Pustaka. Uniknya, setiap berkeliling, Mang Adiono selalu memakai kostum karakter Mario Bros. Saat ditanya, Ia memakai kostum tersebut agar anak-anak lebih tertarik untuk datang dan membaca buku di lapak Busa Pustaka miliknya.

Berikut kisah perjuangan Mang Adio selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Setiap Akhir Pekan Berkeliling Menggelar Lapak Perpustakaan Gratis

jadi 039mario bros039 sambil buka perpustakaan keliling gratis kisah pria ini inspiratif
Instagram/@busapustaka ©2020 Merdeka.com

Berawal hanya dari sepuluh buku, Mang Adiono bahkan rela menyisihkan gajinya untuk menambah koleksi buku bacaannya yang kini sudah mencapai ratusan buah. Koleksi buku-buku itu sebagian juga hasil dari pemberian para donatur buku yang tersentuh dengan aksi sosialnya.

Setiap hari Minggu, Mang Adiono berkeliling membawa buku bacaan gratis. Ia biasanya menggelar lapak dan menata ratusan buku bacaannya hingga lapaknya penuh. Selama ini, Mang Adiono sudah menyambangi banyak lokasi di Bandar Lampung. Namun, seringnya Ia membuka lapak di Taman Gajah.

Belasan anak biasanya langsung menyapa dan berkumpul ketika melihat Mang Adiono datang dengan sepeda motornya. Tak jarang, Ia menggunakan mobil agar bisa membawa buku lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Mengajari Anak-anak Sambil Mendongeng

jadi 039mario bros039 sambil buka perpustakaan keliling gratis kisah pria ini inspiratifInstagram/@busapustaka ©2020 Merdeka.com

Di perpustakaan Busa Pustaka, buku-buku yang dibawa dan digelar di lapak Mang Adiono cukup beragam, seperti buku cerita dan edukasi anak.

Tak hanya itu, Ia juga memberikan materi pengetahuan umum seperti Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, edukasi tentang kebersihan dan kesehatan, pentingnya menabung, dan masih banyak lagi. Ia juga membuat program rangkuman pengetahuan umum lengkap untuk pegangan belajar jangka panjang.

Tak cukup hanya dengan menyediakan buku untuk anak-anak, Mang Adiono kerap mendongengkan isi buku yang dibawanya demi memberikan nilai moral kepada anak-anak generasi penerus bangsa.

Selain menyediakan buku, Mang Adiono juga menggelar lapak untuk belajar bersama di kampung. Ia sediakan akses internet gratis untuk belajar, mengadakan kelas bahasa Inggris dan wirausaha.

4 dari 5 halaman

Door to Door saat Pandemi

jadi 039mario bros039 sambil buka perpustakaan keliling gratis kisah pria ini inspiratifInstagram/@busapustaka ©2020 Merdeka.com

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, perpustakaan keliling Mang Adiono sempat terhenti. Namun, kegiatannya tak berhenti karena Ia selalu membagikan video-video edukatif untuk anak melalui akun media sosial Instagram @busapustaka. Tapi sudah beberapa bulan terkahir ini, Ia mulai mengajar gratis door to door dari kampung ke kampung setiap minggunya.

Kegiatan ini Ia lakukan untuk membantu para pendidik agar anak tetap memahami materi pendidikan walaupun "belajar di rumah" saat pandemi. Ia pun tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan memastikan semua buku yang dibawanya steril.

Di masa pandemi ini, Mang Adiono juga semakin memanfaatkan media sosialnya sebagai sara pendukung untuk mengajari anak-anak dan mendongeng untuk mereka. Di akun @busapustaka, Mang Adio sangat aktif membangikan video edukatif hingga cerita dongeng.

5 dari 5 halaman

Mendirikan Sekolah Rakyat Busa Pustaka

jadi 039mario bros039 sambil buka perpustakaan keliling gratis kisah pria ini inspiratifInstagram/@busapustaka ©2020 Merdeka.com

Setelah perjuangannya membuat perpustakaan keliling untuk anak-anak, pada 27 September 2020 lalu Mang Adiono berhasil meresmikan Sekolah Rakyat Busa Pustaka sebagai sekolah pendamping anak-anak belajar, membaca dan bermain.

Sekolah ini Ia dirikan dengan tujuan agar anak-anak mendapat pendidikan secara maksimal dan menjadi SDM yang beradab serta berkualitas. Sekolah yang bisa menampung 40 anak ini akan Ia kelola, bersama dengan relawan-relawan pengajar yang akan membantunya mendampingi anak-anak dalam belajar.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini