Gurih dan Lembut, Ini Kuliner Bihun Bebek Medan yang Terkenal

Rabu, 20 Mei 2020 12:29 Reporter : Fatimah Rahmawati
Gurih dan Lembut, Ini Kuliner Bihun Bebek Medan yang Terkenal Gurih dan Lembut, Ini Kuliner Bihun Bebek Medan yang Terkenal. goodindonesianfood.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalan-jalan ke Medan kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi kuliner khas yang sangat populer di sana, yaitu Bihun Bebek. Menu makanan ini merupakan salah satu kuliner yang banyak terdapat di Sumatera Utara, khususnya Medan.

Anda tidak perlu pusing untuk mencari Bihun Bebek ini karena ada banyak penjual sajian ini di Medan yang memiliki cita rasa yang khas dan tentunya lezat. Kuliner ini sangat cocok dinikmati saat malam hari dan di saat cuaca sedang dingin.

1 dari 3 halaman

Bihun Rebus dengan Kuah Hangat

Dilansir dari laman travelingyuk, penyajian bihun bebek ini adalah dengan menyajikan bihun rebus di dalam mangkuk. Bihun rebus kemudian diberi topping irisan daging bebek rebus. Kemudian ditaburi bawang putih cincang yang digoreng kering, sedikit seledri dan daun selada.

Lalu diguyur dengan kuah pendamping yang berasal dari kaldu rebusan bebek. Kuah ini tentu saja membuat rasa bihun bebek menjadi lebih gurih pekat dan enak. Bisa juga ditambahkan irisan acar cabe rawit yang pedas-pedas asam.

2 dari 3 halaman

Dua Jenis Kaldu

gurih dan lembut ini kuliner bihun bebek medan yang terkenal

Sumber: travelingyuk.com ©2020 Merdeka.com

Dilansir dari laman goodindonesianfood, ada dua jenis kaldu yang digunakan untuk bihun bebek ini, yaitu kaldu herbal dan kaldu bebek. Kebanyakan rumah makan di Medan hanya menyajikan bihun bebek yang terbuat dari kaldu herbal karena relatif lebih mudah dalam segi pengolahan.

Namun, ada juga rumah makan yang masih mempertahankan kaldu dari bebek asli demi kepuasan pelanggan. Proses memasaknya memang lebih sulit, karena membutuhkan waktu yang lebih lama dan memerlukan lebih banyak daging bebek untuk menciptakan kuah yang kental, namun tidak meninggalkan amis.

3 dari 3 halaman

Halal dan Non Halal

Meskipun makanan ini biasanya menggunakan daging bebek untuk suwiran, namun ada juga variasi isian daging yang dijual di rumah makan yang ada di Medan.

Selain daging bebek, Anda bisa mencampurkan bihun bebek dengan pilihan topping lain, seperti bakso udang dan Khau Bak (daging babi).

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini