Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat yang Mustajab Lengkap Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat yang Mustajab Lengkap Latin dan Artinya ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Merdeka.com - Seusai sholat fardhu dianjurkan untuk selalu berdoa karena saat itu doa lebih didengar sebab kita masih dalam keadaan suci dan khidmat. Berdoa pun bisa menjadi amalan kita selama hidup serta menunjukkan ketulusan untuk selalu dekat dengan Allah SWT.

Ada banyak doa setelah fardhu singkat yang bisa dibaca untuk kehidupan dunia dan akhirat yang penuh ridlo Allah SWT. Doa-doa ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang didahulukan.

Baca juga: Doa Allahumma La Sahla Untuk Meminta Kemudahan

Berikut merdeka.com merangkum selengkapnya kumpulan doa setelah sholat fardhu singkat yang mustajab lengkap latin dan artinya:

Doa Setelah Sholat Fardhu

1. Membaca Istighfar 3 x

"ASTAGHFIRULLAH HAL'ADZIM, ALADZI LAAILAHA ILLAHUWAL KHAYYUL QOYYUUMU WA ATUUBU ILAIIH"

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Memohon Ampun dan Pujian Bagi Allah SWT

"LAA ILAHA ILLALLAH WAKHDAHU LAA SYARIKA LAHU, LAHUL MULKU WALAHUL KHAMDU YUKHYIIY WAYUMIITU WAHUWA 'ALAA KULLI SYAI'INNQODIIR"

Artinya : Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (HR. Bukhari, Muslim).

3. Doa Memuji Allah SWT

"ALLAHUMMA ANGTASSALAM, WAMINGKASSALAM, WA ILAYKA YA'UUDUSSALAM FAKHAYYINA RABBANAA BISSALAAM WA-ADKHILNALJANNATA DAROSSALAAM TABAROKTA RABBANAA WATA'ALAYTA YAA DZALJALAALI WAL IKRAAM"

Artinya : Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemulian. (HR. Muslim).

4. Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir

Membaca Kalimat Tasbih 33 kali

"SUBHANALLAH" 33x

Membaca Tahmid 33 kali

"ALHAMDULILLAH" 33x

Membaca Takbir 33 kali

"ALLAHU AKBAR”

Membaca Tahlil 33 kali

" LAILAHA ILLALLAH"

5. Membaca Surat Al Ikhlas

QUL HUWALLAAHU AHAD. ALLAAHUSSHAMAD. LAM YALID WALAM YUULAD. WALAM YAKULLAHU KUFUWAN AHAD.

Artinya: “ Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

6. Membaca Surat Al-Falaq

QUL A’UUDZU BIRABBIL FALAQ. MIN SYARRI MAA KHALAQ. WAMIN SYARRI GHAASIQIN IDZAA WAQABA. WAMIN SYARRIN NAFFAATSAATI FII AL’UQADI. WAMIN SYARRI HAASIDIN IDZAA HASADA.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu subuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakan-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki”

7. Membaca Surat An-Naas

QUL A’UUDZU BIRABBIN NAAS. MALIKIN NAAS. ILAAHIN NAAS. MIN SYARRIL WASWAASIL KHANNAAS. ALLADZII YUWASWISU FII SHUDUURIN NAAS. MINAL JINNATI WANNAAS.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

8. Membaca Ayat Kursi

ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUU, AL HAYYUL QOYYUM, LA TA’KHUDZUHUU SINATUW WALAA NAUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MAN DJALLADJII YASYFA’U ’INDAHUU ILLA BI IDJNIH. YA’LAMU MAA BAYNA AYDIIHIM WA MAA KHOLFAHUM. WA LAA YUHIITHUUNA BI SYAY-IM MIN ’ILMIHII ILLA BI MAA SYAA-A. WASI’A KURSIIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDH. WALAA YA-UUDUHUU HIFZHUHUMAA. WA HUWAL’ALIIYUL ’AZHIIM.

Artinya: ”Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 255)

9. Membaca Doa Amalan di Terima

Doa sesudah sholat fardhu selanjutnya yaitu dengan membaca doa seperti yang diriwayatkan dari Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah radhiallahu’anha, ia berkata: “ Biasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika shalat subuh, ketika setelah salam beliau membaca doa: 

ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN, WA RIZQON THOYYIBAN, WA ‘AMALAN MUTAQOBBALAN.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat

Doa setelah sholat fardhu ini bisa dibaca untuk memberika puji-pujian kepada Allah SWT.

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ حَمْدَ النَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ

يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa  yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, pemelihara alam semesta. Segala puji atas karunia dan kenikmatan yang Engkau limpahkan kepada kami. Wahai Tuhanku, bagi-Mu segala puji sebagaimana seyogyanya, bagi kemuliaan wajah-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Doa Mohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa setelah sholat fardhu singkat lainnya yaitu doa untuk memohon keselamatan dunia dan akhirat. Di mana dalam doa ini berisi permohonan agar diberikan keselamatan dalam agama, kesehatan badan, ilmu pengetahuan, serta keberkahan dalam rizki dan diampuni dosa-dosanya sebelum meninggal. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa diamalkan:

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Allahumma inna nasaluka salamatan fiddiin, wa ‘afiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan ‘indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut, Allahumma hawwin ‘alaina fii sakarotil maut, wa najaatan minannari, wal ‘afwa ‘indal hisab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab.”

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat: Doa Mohon Perlindungan dari Sifat Negatif

اللَّهُمَّإِنِّىأَعُوذُبِكَمِنَالْعَجْزِوَالْكَسَلِوَالْجُبْنِوَالْهَرَمِوَالْبُخْلِوَأَعُوذُبِكَمِنْعَذَابِالْقَبْرِوَمِنْفِتْنَةِالْمَحْيَاوَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

Waktu Berdoa setelah Sholat

Kapan waktu berdoa setelah sholat? Banyak orang mungkin akan berpikir bahwa doa setelah sholat dilakukan setelah salam. Namun, dilansir dari rumaysho.com, waktu berdoa setelah sholat adalah ketika setelah tasyahud. 

Hal ini dapat dilihat dalam hadits Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan tasyahud padanya, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kemudian terserah dia memilih do’a yang dia sukai untuk berdo’a dengannya.” (HR. Abu Daud no. 825).

Dalam lafazh lain berbunyi,

“Kemudian terserah dia memilih setelah itu (setelah tasyahud) do’a yang dia kehendaki (dia sukai).” (HR. Muslim no. 402, An Nasa’i no. 1298, Abu Daud no. 968, Ad Darimi no. 1340)

Meski begitu, berdoa sesudah salam pun juga tidak mengapa. Syaikh Ibnu Baz –rahimahullah- dalam Majmu’ Fatawanya mengatakan :

“Begitu pula berdo’a sesudah shalat lima waktu setelah selesai berdzikir, maka tidak terlarang untuk berdo’a ketika itu karena terdapat hadits yang menunjukkan hal ini. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak perlu mengangkat tangan ketika itu. Alasannya, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan demikian. Wajib bagi setiap muslim senantiasa untuk berpedoman pada Al Kitab dan As Sunnah dalam setiap keadaan dan berhati-hati dalam menyelisihi keduanya. Wallahu waliyyut taufik.”

(mdk/amd)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap Beserta Artinya
Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap Beserta Artinya

Membaca doa setelah sholat fardhu memiliki makna spiritual dan simbolis yang mendalam bagi umat Muslim.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat Subuh yang Diajarkan oleh Rasulullah, Lengkap Arab dan Latinnya
Doa Setelah Sholat Subuh yang Diajarkan oleh Rasulullah, Lengkap Arab dan Latinnya

Merdeka.com merangkum informasi tentang doa setelah sholat subuh yang diajarkan oleh Rasulullah, lengkap dengan Arab dan latinnya.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat 5 Waktu Latin dan Artinya, Pelengkap Ibadah Wajib
Doa setelah Sholat 5 Waktu Latin dan Artinya, Pelengkap Ibadah Wajib

Doa setelah sholat fardhu adalah bentuk ketakwaan dan keimanan seorang muslim pada Allah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Sakit Sesuai Syariat Islam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya
Bacaan Doa Sakit Sesuai Syariat Islam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya

Berikut contoh doa sakit menurut syariat Islam lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya
Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya

I’tidal adalah gerakan berdiri tegak yang dilakukan ketika bangun dari ruku’. Dalam gerakan ini, terdapat bacaan doa I’tidal yang perlu dilafalkan.

Baca Selengkapnya
Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam
Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam

Doa subhanal malikil quddus adalah bacaan doa yang kita baca usai melaksanakan sholat witir.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Talqin Mayit Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Jenazah Dimakamkan
Bacaan Doa Talqin Mayit Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Jenazah Dimakamkan

Berikut bacaan doa talqin mayit yang wajib diketahui para muslim selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
13 Doa Surat Pendek untuk Salat, Lengkap Arab, Latin dengan Artinya
13 Doa Surat Pendek untuk Salat, Lengkap Arab, Latin dengan Artinya

Doa surat pendek ini mudah dihafal dan dilafalkan saat salat.

Baca Selengkapnya