Cara Menggunakan Google Classroom, Kenali Fitur dan Fungsinya

Rabu, 15 Juli 2020 18:00 Reporter : Ani Mardatila
Cara Menggunakan Google Classroom, Kenali Fitur dan Fungsinya Ilustrasi Google. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pekan lalu menyatakan hanya akan mempermanenkan ketersediaan berbagai platform Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Baik yang bersifat daring maupun luring, yang selama ini telah ada untuk mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi corona.

Dengan perpindahan paksa ke pengajaran online jarak jauh, banyak guru berpengalaman telah dikeluarkan dari zona nyaman mereka. Para guru harus menghadapi keterampilan dan teknik baru dengan sedikit atau tanpa waktu persiapan.

Ada banyak platform yang digunakan untuk mengajar dari situs pendidikan spesialis ke situs komunikasi umum dan email yang menyertainya. Salah satu platform yang memiliki manfaat paling tidak terlihat familier adalah Google Classroom, layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah.

Google Classroom bertujuan untuk menyederhanakan cara membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Layanan gratis yang menyediakan sekolah atau distrik pendidikan Anda telah mendaftar untuk G Suite untuk paket pendidikan berbayar.

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa dan memungkinkan komunikasi. Ada sejumlah panduan tutorial yang tersedia di YouTube yang membantu Anda memahami hal itu. Berikut cara menggunakan Google Classroom, beserta fitur dan fungsinya:

Baca Selanjutnya: Fungsi Google Classroom...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini