Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Arti Surah Al Ikhlas Beserta Bacaan dan Maknanya

Arti Surah Al Ikhlas Beserta Bacaan dan Maknanya al quran. shutterstock

Merdeka.com - Surah Al Ikhlas merupakan salah satu surah pendek dalam Al Quran yang banyak dibaca ketika salat maupun berdoa setelah salat.

Surah Al Ikhlas adalah surat ke-112 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 4 ayat dan termasuk dalam kelompok surat Makiyyah. Dinamai Al Ikhlas karena surat ini sepenuhnya menegaskan kemurnian keesaan Allah. Surat Al Ikhlas berisi penegasan tentang kemurnian keesaan Allah dan menolak segala macam bentuk kemusyrikan dan menerangkan bahwa tidak ada sesuatu yang menyamai-Nya.BACA JUGA: Bacaan Dan Arti Surat Al Ikhlas Latin

Mungkin kita memang tidak diharuskan memahami seluruh isi Al Quran sekarang, tetapi memahami surah per surah terutama surah yang kerap dibaca bisa menjadi pengetahuan guna memantapkan iman salah satunya dengan memahami makna dan arti surah Al Ikhlas.

Oleh sebab itu berikut merdeka.com merangkum arti surah Al Ikhlas beserta bacaan, keutamaan, dan maknanya:

BACA JUGA: Surat Al Ikhlas Latin Beserta Arti, Pahami Keutamaannya

Bacaan dan Arti Surah Al Ilklhas

Surah Al-Ikhlas merupakan surah ke-112 dalam Al Quran, yang memiliki arti Keesaan Allah SWT. Terdiri dari 4 ayat, kandungan di dalam surah ini antara lain penetapan keesaan Allah SWT dalam kesempurnaan dan ketuhanan, serta kesucian Allah SWT dari segala kekurangan.

 Surah Al Ikhlas

 قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ

Arab-Latin: qul huwallāhu aḥad

Artinya: Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.”

 

ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ

Arab-Latin: allāhuṣ-ṣamad

Artinya: Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

 

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

Arab-Latin: lam yalid wa lam yụlad

Artinya: Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

 

وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ

Arab-Latin: wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Artinya: dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

Makna Surah Al Iklhas

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, arti surah Al Ikhlas menggambarkan tentang keesaan Allah SWT. Selain itu, surah ini juga menggambarkan ketauhidan. Esa berarti tunggal atau satu, sesuai dengan arti per ayat surah Al Ikhlas.

Berkaitan tentang hal tersebut, penting diketahui latar belakang diturunkannya surah ini. Seperti surah lain di Al Quran, surah Al Ikhlas pun punya asbabun nuzul. Turunnya ayat ini berkaitan dengan peristiwa yang dialami Rasulullah saat menghadapi orang musyrik yang mempertanyakan Allah.

Pada sebuah riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab berikut ini:

"Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." maka Allah menurunkan (Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa).

Saat itulah, surah Al Ikhlas diturunkan. Selain itu, makna dari Al Ikhlas bisa kalian simak dalam tafsir Imam Ibnu Katsir berikut ini.

"Dia Yang pertama dan Esa, tidak ada tandingan dan pembantu, tidak ada yang setara dan tidak ada yang menyerupai-Nya, dan tidak ada yang sebanding (dengan-Nya). Kata ini tidak digunakan untuk menetapkan pada siapapun selain pada Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena Dia Maha Sempurna dalam seluruh sifat-sifat-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya."

Tafsir Arti Surah Al Ikhlas

Adapun penjelasan mengenai tafsir surah Al Ikhlas dapat disimak sebagai berikut. Ini penjelasan tafsir surah Al Ikhlas masing-masing ayatnya:

1. Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa.

Tafsir ayat pertama menjelaskan tentang Keesaan Allah SWT yang terdapat dalam kata Ahad atau Satu. Di mana, menurut Sayyid Qutb bunyi ayat pertama surah Al Ikhlas juga bermakna serupa dengan Wahid. Artinya bahwa Allah tidak dapat dipersekutukan dengan apapun.

2. Allah tempat meminta segala sesuatu.

Tafsir ayat kedua surah Al Ikhlas menjelaskan bahwa setiap makhluk menggantungkan diri kepada Allah SWT. Sebab Allah adalah Tuhan yang Maha Sempurna, Maha Mulia, Maha Besar, dan Maha Hidup. Selain itu menurut Tafsir Al Misbah bacaan Ash Shamad dalam ayat kedua surah Al Ikhlas mengandung tafsir yang memiliki arti yang dituju. Artinya bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang dituju oleh semua makhluk untuk mengabulkan segala doa.

3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

Tafsir ayat ketiga surah Al Ikhlas menurut Ibnu Katsir bahwa Allah tidak beranak, tidak diperanakkan, serta tidak memiliki istri. Sementara Sayyud Qutb juga menjelaskan bahwa ayat ketiga surah Al Ikhlas mengandung makna bahwa Allah itu tetap, abadi, dan azali. Dengan kata lain sifat Allah itu mutlak dan tidak ada yang mustahil bagi Allah.

4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

Tafsir ayat keempat surah Al Ikhlas berikutnya adalah bahwa tidak ada apapun yang dapat menandingi kekuasaan Allah SWT. Sebab tidak ada yang setara dengan Allah SWT.

Hadis Tentang Surah Al Iklhas

Ada banyak hadis yang menggarisbawahi pentingnya dan keutamaan surah Al Ikhlas. Beberapa hadis tersebut diantaranya adalah:

1. Abu Said Al-Khudri meriwayatkan, “Seorang pria mendengar pria lain membacakan Surah Al Ikhlas berulang kali. Dia pergi ke Nabi dan memberitahu dia berpikir bahwa pembacaan Surah ini saja tidak cukup. Rasul Allah menjawab, "Demi dia yang di tangan-Nya hidupku, itu sama dengan sepertiga Al-Qur'an."

2. Aisha meriwayatkan, “Setiap kali Nabi pergi tidur setiap malam, dia menangkupkan kedua tangannya dan meniupnya setelah membaca Surah Al Ikhlas, Surah an-Nas dan Surah al-Falaq. Kemudian, dia mengusapkan tangannya ke seluruh bagian tubuhnya yang dia bisa, mulai dari wajah, kepala, dan bagian depan. Dia melakukan itu tiga kali setiap malam.”

3. Abu Said meriwayatkan, “Nabi bertanya kepada para sahabatnya, “Apakah sulit bagi salah satu dari kalian untuk membaca sepertiga dari Al-Qur’an dalam satu malam?” Mereka menjawab, “Siapa di antara kami yang memiliki kekuatan untuk melakukannya?” Rasul Allah berkata, “Allah (yang) satu, tuan mandiri yang dibutuhkan semua makhluk.”

4. Diriwayatkan oleh Al-Tirmidzi, “Ucapkan Surah Al Ikhlas dan al-Mu'awwidhatayn tiga kali di pagi dan sore hari; mereka akan mencukupimu dari segala sesuatu.”

5. Imam Malik ibn Anas mencatat bahwa Ubayd bin Hunayn berkata bahwa dia mendengar Abu Hurairah berkata, “Aku pergi bersama Nabi dan dia mendengar seorang pria membaca Surah Al Ikhlas. Maka Nabi bersabda: Wajib. Saya bertanya: Apa yang wajib?” dan dia menjawab: Surga.”

Keutamaan Surah Al Ilkhlas

Memberikan Perlindungan

Keutamaan dari surah Al Ikhlas yang pertama adalah memberikan perlindungan, kepada setiap orang yang membaca dan mengamalkan surah Al Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Pembacaan surah Al Ikhlas ini bisa dibarengi dengan membaca surah Al Falaq dan An Naas. Berdasarkan Hadits Uqbah bin ‘Amir al Juhani Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

“Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: “Wahai Uqbah, katakana,” aku pun mendengarkan, kemudian beliau berkata (lagi): “Wahai Uqbah, katakana,” aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: “Apa yang aku katakan?” Beliau pun bersabda: “Katakan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ”, lalu beliau membacanya sampai selesai. Kemudian beliau membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّالفَلَقِ, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surah) tersebut.”

Amalan Masuk Surga

Surah Al Ikhlas juga memiliki keutamaan membuat umat Muslim masuk ke surga, jika surah ini diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang disebutkan dalam Hadit Riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata:

“Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca surah Al Ikhlas. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah wajib,” aku bertanya: “Apa yang wajib?” Beliau bersabda, “(Telah wajib baginya) surga.”

Setara Sepertiga Bacaan Al Quran

Membaca dan mengamalkan surah Al Ikhlas ini, setara dengan sepertiga bacaan Al Quran. Seperti yang dinyatakankan dalam Hadit Riwayat Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surah Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surah itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya surah itu sebanding dengan sepertiga al Qur'an.” (mdk/amd)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Al Ikhlas artinya Keesaan Allah, Ketahui Makna Bacaannya
Al Ikhlas artinya Keesaan Allah, Ketahui Makna Bacaannya

Meski ayatnya pendek, namun Al Ikhlas memiliki arti yang sangat penting dalam Islam karena pesannya yang mendalam tentang keesaan Allah.

Baca Selengkapnya
Surah Al Alaq 1-5 yang Harus Diketahui Umat Islam! Begini Arti dan Isi Kandungannya
Surah Al Alaq 1-5 yang Harus Diketahui Umat Islam! Begini Arti dan Isi Kandungannya

Al Alaq memiliki arti segumpal darah yang diambil dari ayat kedua. Surah ini menjelaskan tentang penciptaan manusia serta pentingnya ilmu pengetahuan.

Baca Selengkapnya
Contoh Idgham Bighunnah dalam Surat Pendek, Berikut Penjelasannya
Contoh Idgham Bighunnah dalam Surat Pendek, Berikut Penjelasannya

Belajar dan mengajarkan Al-Qur'an adalah kewajiban suci lagi mulia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tafsir Al Isra Ayat 32 tentang Larangan Berzina, Umat Muslim Wajib Tahu
Tafsir Al Isra Ayat 32 tentang Larangan Berzina, Umat Muslim Wajib Tahu

Al-Qur'an mengatur hal-hal buruk yang menjadi larangan Allah. Salah satunya adalah larangan berzina.

Baca Selengkapnya
Surat Al-Insyirah dan Terjemahannya: Ketahui Pula Makna dan Kandungannya
Surat Al-Insyirah dan Terjemahannya: Ketahui Pula Makna dan Kandungannya

Merdeka.com merangkum informasi tentang Surat Al-Insyirah terjemahannya dan kandungannya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Istighfar 100 Kali Sesuai Ajaran Rasulullah dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Istighfar 100 Kali Sesuai Ajaran Rasulullah dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Bacaan istighfar 100 kali bisa diamalkan umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya
Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya
Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya

Istiqomah dan tawadhu adalah dua konsep penting dalam Islam yang berkaitan dengan akhlak dan perilaku seorang Muslim.

Baca Selengkapnya
Cara Membaca Iqlab adalah Sebagai Berikut, Pelajari Selengkapnya
Cara Membaca Iqlab adalah Sebagai Berikut, Pelajari Selengkapnya

Iqlab adalah salah satu hukum tajwid dalam membaca Al-Qur'an yang wajib dipahami oleh umat Islam.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah patut untuk Anda ketahui guna memaksimalkan bacaannya.

Baca Selengkapnya