10 Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas, Mudah Dibuat

Selasa, 4 Oktober 2022 19:23 Reporter : Ani Mardatila
10 Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas, Mudah Dibuat Ilustrasi bayi. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Memiliki bayi cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya, penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan makanannya sehari-hari, apalagi di masa-masa penting seperti masa ibu menyusui.

Para ibu di Indonesia wajib tahu apa saja makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Selain bisa membantu ibu menyusui agar tetap sehat dan produksi Air Susu Ibu (ASI) lancar, harus dipastikan juga bahwa makanan tersebut membawa nutrisi baik untuk si bayi. Selain melengkapi kebutuhan nutrisi untuk ASI, ASI yang lancar juga sangat diperlukan oleh ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Makanan yang sehat untuk ibu menyusui berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi. Karena itu, perlu sekali untuk memperhatikan asupan makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas.

Berikut merdeka.com rangkum 10 makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas yang bisa masuk dalam daftar makanan harian para ibu di rumah:

2 dari 3 halaman

Alpukat

Jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas yang pertama adalah alpukat. Adanya kandungan kalium pada buah alpukat sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Mineral kalium pada buah alpukat ini sangat tinggi, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Ibu menyusui membutuhkan sekitar 5.000 mg kalium setiap harinya. Nah, di buah alpukat inilah kamu bisa mencukupi kebutuhannya. Karena satu buah alpukat memiliki sekitar 975 mg kalium.

Selain kalium, alpukat juga memiliki asam lemak yang sehat seperti asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Di mana ketiga kandungan asam lemak ini penting untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol. Ketika ASI kamu tercukupi dengan lemak sehat, maka nutrisi untuk bayi akan meningkat.

 Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan pilihan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Hal ini berkaitan dengan protein yang terkandung di dalam ikan satu ini. Dengan dua porsi ikan salmon yang kaya DHA selama seminggu, hal ini dapat mengurangi stres pasca melahirkan bagi ibu menyusui.

DHA yang ditemukan dalam asam lemak omega 3 adalah salah satu blok bangunan utama otak. Asupan ikan selama menyusui juga membantu meningkatkan DHA dalam ASI yang diteruskan ke bayi.

Selain itu, makanan yang sehat untuk ibu menyusui ini juga bagus untuk perkembangan sistem saraf otak bayi.

Telur

Telur dipenuhi dengan zat besi, vitamin B, omega 3, yodium dan banyak lagi untuk membantu perkembangan otak. Juga memiliki kombinasi asam amino terbaik di luar sana dan protein dalam telur sangat mudah diserap. Semua yang dibutuhkan bayi.

Telur juga sarat dengan kolin yang membantu perkembangan mental ibu dan bayi. Ini sebabnya, telur merupakan makanan penting yang masuk dalam daftar makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas.

Daging Merah

Para ilmuwan percaya bahwa protein dan lemak pada hewan membantu otak manusia berkembang. Ini merupakan pilihan tepat makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas.

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh dan otak. Sertakan protein melalui asupan ayam, ikan, telur dan daging merah. Jika masih menyusui, ASI juga kaya akan protein.

Daging merah juga mengandung zat besi dan B12 yang membantu tingkat energi dan stimulasi dan perkembangan mental. Bayi memiliki cadangan zat besinya sendiri saat mereka lahir, tetapi zat besi ini akan habis sekitar 6 bulan setelah lahir. ASI tidak kaya akan zat besi dan oleh karena itu kita perlu memastikan bahwa zat besi telah dimakan dalam makanan.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak manfaat untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Vitamin, mineral, dan serat merupakan nutrisi baik untuk ibu menyusui serta si bayi.

Sayuran hijau kaya akan folat, yang kita tahu penting selama kehamilan. Tapi folat dibutuhkan untuk perkembangan otak setelah lahir juga.

Folat adalah vitamin B yang ditemukan dalam selada, kangkung dan bayam. Tapi itu tidak hanya terbatas pada makanan tersebut. Ini juga dapat ditemukan dalam lentil, asparagus, brokoli dan buah-buahan.

3 dari 3 halaman

Yogurt

Produk olahan susu seperti yogurt bisa masuk ke dalam menu harian makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Yogurt terbukti kaya akan vitamin B yang bekerja sebagai antiradang.

Menurut riset dari The American Journal of Clinical Nutrition, asupan vitamin B yang mencukupi dapat melindungi otak bayi dari risiko gangguan kognitif.

Namun, sebaiknya pilihlah yogurt yang tawar (plain yogurt) sebagai makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Tambahan gula dan lemak jenuh dalam yogurt dengan varian rasa dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan ibu.

Air Kelapa

Dalam air kelapa mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan selama menyusui seperti zat besi, klorida, kalium, natrium, fosfor, magnesium, dan juga kalium.

Adapun salah satu manfaat ibu menyusui mengonsumsi air kelapa dapat menunjang perkembangan otak dan tulang si Kecil. Sehingga air kelapa juga dianjurkan sebagai makanan ibu menyusui agar bayi cerdas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan zinc, serta vitamin K dan vitamin B dan E. kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. 

Di luar komposisi nutrisinya yang fenomenal, kacang-kacangan dianggap sebagai laktogenika yang membantu produksi ASI.

Kadar vitamin E yang tinggi dalam makanan ini mencegah degenerasi kognitif, sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak. Bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah. 

Sari Kurma

Dalam sari kurma terkandung kalium, serat, vitamin, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, sulfur, dan tembaga, yang dibutuhkan ibu menyusui dan bayi.

Dengan kandungan tersebut, tak hanya menyehatkan bagi tubuh mama, tetapi juga membantu memenuhi asupan nutrisi bayi agar dapat tumbuh optimal demi kesehatan dan kecerdasannya.

Roti Gandum

Roti gandum mengandung banyak serat dan asam folat sehingga baik untuk ibu menyusui. Untuk menjaga pencernaan yang sehat, serat adalah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi banyak serat melalui makanan gandum membuka jalan bagi bakteri usus yang sehat untuk berkembang.

Sedangkan tingginya kandungan asam folat pada roti gandum berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan bayi.

Demikian 10 makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas yang bisa jadi pilihan para ibu di rumah. Pastikan ibu menyusui menjaga kesehatannya dan mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari agar bayi pun bisa sehat dan cerdas.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini