Tinggal di Rumah Saja, Perhatikan Hal Ini dalam Memilih Makanan Kalengan yang Tepat

Rabu, 25 Maret 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tinggal di Rumah Saja, Perhatikan Hal Ini dalam Memilih Makanan Kalengan yang Tepat Ilustrasi makanan kaleng. Los Angeles Times

Merdeka.com - Pada saat ini, kita diimbau untuk tinggal di rumah saja dan membatasi aktivitas keluar rumah. Cara ini penting dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona atau COVID-19.

Ketika kita tinggal di rumah seperti sekarang, perlu mempersiapkan makanan dan minuman dengan tepat. Ketika tinggal di rumah untuk sejumlah waktu, penting untuk memilih makanan yang tahan dalam waktu lama.

Salah satu jenis makanan yang awet untuk disimpan adalah makanan kalengan. Maanan ini awet untuk waktu lama dan juga bisa cukup mudah disimpan.

Walau sebisa mungkin makanan kaleng dan olahan harus dihindari, namun terdapat sejumlah pengecualian. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah tips dalam memilih makanan kalengan yang tepat.

1 dari 4 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan

Perhatikan makanan kalengan yang menyimpan berbagai resep seperti pasta atau sup siap makan. Kedua makanan ini biasanya memiliki kandungan sodium dan gula yang tinggi.

Sup kalengan mengandung 2.175 miligram sodium. Jumlah ini sungguh sangat tinggi dan berbahaya karena mendekati rekomendasi jumlah sodium yaitu 2.300 mg.

"(Sodium dan gula) pada dasarnya bukannya tak sehat, namun kadang terdapat kelebihan jumlah garam atau gula yang ditambahkan pada makanan kalengan. Periksa label nutrisi dan temukan dengan kandungan sodium atau gula lima persen setiap porsi," terang Jessi Holden dari Mary Free Bed Rehabilitation Hospital.

2 dari 4 halaman

Tips Memilih Buah Kalengan

buah kalengan

Sebaiknya hindari buah dan sayur kalengan yang memiliki kandungan sirup di dalamnya, terutama jika sudah dikupas. Pilih buah atau sayur dengan kandungan air atau cairannya sendiri.

Sebuah penelitian tahun 2014 mengungkap bahwa hal ini bisa menghilangkan senyawa fenolik yang berperan pada warna, rasa, serta manfaat sehat dari buah dan sayur ini. Selain itu, proses pengalengan menurunkan kandungan vitamin di dalam makanan.

Hilangnya vitamin ini disebabkan karena panas dan mungkin terjadi pada saat dimasak atau terpapar panas lainnya. Bahkan menyimpan makanan di kulkas selama beberapa hari bisa menimbulkan dampak yang sama.

3 dari 4 halaman

Perhatikan BPA

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah tingkat bsiphenol (BPA) makanan kalengan. BPA bisa mengontaminasi makanan di dalam kaleng dan bisa menimbulkan efek beracun termasuk kerusakan DNA, munculnya tumor, serta masalah hormonal.

4 dari 4 halaman

Jenis Makanan Kalengan yang Sehat

kalengan yang sehat

Pilih makanan kaleng dengan hanya kandungan tunggal di dalamnya. Jenis makanan yang bisa tetap sehat walau sudah dikalengkan adalah tuna.

Jenis lain yang bisa kamu pilih adalah sayur tomat kalengan, kacang poling, serta jagung. Makanan ini sama bernutrisinya baik ketika segar, dibekukan, maupun dikalengkan. [RWP]

Baca juga:
Sebelum Kenalkan Bayi dengan Telur, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Orangtua Ketahui
Makanan yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan Sesuai Golongan Darah
Tak Hanya untuk Perut, Probiotik Juga Bisa Beri Manfaat Luar Biasa bagi Otak
Olah Empon-empon Secara Asal-asalan Justru Bisa Berdampak Negatif pada Seseorang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Nutrisi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini