Tak Perlu Minum Obat, Berikut Ini Cara Cepat Mengatasi Batuk Secara Alami

Selasa, 24 Mei 2022 08:00 Reporter : Magang
Tak Perlu Minum Obat, Berikut Ini Cara Cepat Mengatasi Batuk Secara Alami Ilustrasi Batuk. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan suatu keharusan agar manusia tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Tubuh yang sehat memiliki resiko rendah terserang penyakit. Namun meskipun sudah menjaga tubuh sebaik mungkin, virus tetap bisa masuk ke tubuh.

Salah satu penyakit yang mudah menyerang manusia berapapun umurnya adalah batuk. Bahkan seorang bayi bisa terkena penyakit ini. Pada umumnya, batuk merupakan hal yang normal. Batuk dapat membersihkan tenggorokan dari dahak dan iritasi yang menyerang tenggorokan.

Namun jika berhari-hari batuk tidak kunjung sembuh, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menimbulkan gejala penyakit serius seperti GERD, flu, bahkan virus mematikan seperti covid-19. Batuk dapat menyebarkan virus dengan cepat jika penderita batuk tidak memakai masker dan mengatasi batuk tersebut.

Mengonsumsi obat memang salah satu hal tercepat untuk mengatasi batuk. Namun mengonsumsi obat secara terus menerus tidak baik untuk tubuh. Karena beberapa obat menimbulkan beberapa efek samping yang dapat memicu penyakit serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan sebagainya.

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk mengatasi batuk secara alami:

2 dari 4 halaman

Jahe dan Madu

1. Jahe

010 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi sehingga dapat mengatasi batuk kering, asma, meredakan rasa nyeri dan mual. Anti inflamasi ini mengendurkan selaput di saluran pernapasan sehingga dapat mengurangi frekuensi batuk. Anda dapat menambahkan beberapa potong jahe segar ke dalam teh jahe atau air hangat serta menambahkan madu atau air perasan lemon sebagai salah satu cara untuk mengurangi batuk.

2. Madu

dan susu
©iStock

Madu sudah dikenal lama oleh banyak orang karena khasiatnya yang mampu meredakan beberapa penyakit salah satunya yaitu batuk. Bahkan beberapa penelitian menemukan hasil bahwa penggunaan madu untuk meredakan batuk lebih efektif daripada obat penekan batuk seperti dekstrometorfan.

Terutama untuk batuk yang menyerang anak kecil, pemberian obat terus menerus tidak baik untuk tubuh anak. Oleh karena itu madu dapat menjadi alternatif lain. Anda dapat minum 2 sendok madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh dan minuman hangat.

3 dari 4 halaman

Berkumur dan Menggunakan Uap

3. Berkumur Air Garam

001 febrianti diah kusumaningrum

Ilustrasi berkumur

Cara cepat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk berdahak secara alami selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk.

Campurkan setengah sendok garam dalam air hangat sampai larut lalu kumur dan diamkan beberapa saat lalu muntahkan. Hindari teknik ini untuk anak kecil sebab mereka mungkin belum bisa berkumur dengan baik sehingga air garam dapat tertelan.

4. Uap

humidifier
Google©2020 Merdeka.com

Anda dapat mandi dengan air hangat atau menuangkan air panas ke dalam mangkuk disertai minyak essential seperti minyak kayu putih atau rosemary yang dapat meredakan batuk berdahak. Dekatkan wajah ke dalam mangkuk lalu hirup uapnya, jika merasa terlalu panas maka jauhkan sebentar lalu ulangi lagi. Anda juga dapat meletakkan humidifier di dalam rumah.

4 dari 4 halaman

Minum Air Putih

5. Tetap Terhidrasi

ilustrasi minum air putih
©pexels-Andres Ayrton

Penuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum air. Batuk menyebabkan tenggorokan menjadi gatal dan kering. Minum air putih dapat meredakan frekuensi batuk, terlebih jika diminum saat hangat. Anda dapat minum air putih hangat tanpa campuran apapun atau minum minuman seperti teh hangat, jeruk hangat dan kaldu hangat.

Menggunakan obat mungkin dapat menyembuhkan batuk dengan cepat. Namun mengonsumsi obat secara terus menerus dapat menimbulkan efek samping. Lima cara alami di atas dapat dilakukan untuk meredakan batuk. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Reporter: Eleonora Gifthalia Christi Adena [mgd]

Baca juga:
Mengenal Virus Hendra, Berikut Gejala dan Cara Penularannya
Gejala Sakit Mata Merah dan Cara Mengobatinya
Ketahui Apa Itu Cacar Monyet atau Monkeypox serta Ciri-Ciri Masalah Kesehatan Ini
Kenali Penyebab Batuk Pilek pada Anak, Berikut Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami
Kanker Serviks Berisiko Tinggi bagi Wanita, Ini Alasan Penting Lakukan Deteksi Dini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini