Suka mendengarkan musik? Ini 5 manfaatnya!

Rabu, 10 Juni 2015 00:01 Reporter : Destriyana
Suka mendengarkan musik? Ini 5 manfaatnya! Ilustrasi mendengarkan musik. Shutterstock/Andresr

Merdeka.com - Para peneliti menemukan bahwa musik klasik - terutama yang dikomposisi oleh Giuseppe Verdi - secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah. Dan bulan lalu, sebuah penelitian di inggris menemukan bahwa rutin mendengarkan musik dapat ditingkatkan memori jangka panjang dan pendek pada orang yang menderita demensia. Berikut adalah lima manfaat musik untuk kesehatan, seperti dilansir Daily Mail.

1 dari 5 halaman

Mengurangi tekanan darah

Ilustrasi tekanan darah. ©Shutterstock/Bandy

Mendengarkan musik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Centre pada tahun 2008 ini meneliti tekanan darah dari sepuluh orang yang mendengarkan musik sesuai pilihan mereka.

Pembuluh darah mereka ternyata melebar sebesar 26 persen setelah mendengarkan musik, sementara mereka yang menonton video lucu hanya mengalami pelebaran 19 persen dan 11 persen setelah mendengarkan rekaman suara yang santai.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan rasa nyeri

Ilustrasi sakit pinggang. ©hopkinscommunications.ie

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology pada tahun 2011 menemukan bahwa pasien yang mendengarkan berbagai musik yang menyenangkan - termasuk Bach and Louis Armstrong - memiliki kadar hormon stres, kortisol, yang lebih rendah.

Mendengarkan musik juga dikatakan dapat membantu tubuh mempertahankan diri dari penyakit dan infeksi. Penelitian di Inggris dan Jerman yang diterbitkan pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik selama 50 menit dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh, karena itu dapat mengurangi stres.

3 dari 5 halaman

Membantu demensia

Ilustrasi otak. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Mopic

Sebuah studi yang dilakukan bulan lalu menemukan bahwa pasien demensia yang rajin mendengarkan musik memiliki daya ingat yang lebih baik.

Empat minggu setelah percobaan, banyak yang mampu mengingat di mana pasien berada, waktu hari dan nama orang. Memori mereka dari peristiwa yang baru terjadi dan masa lalu mereka juga menunjukkan perbaikan.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi penyakit jantung. ©Shutterstock.com/woaiss

Musik juga dapat meningkatkan tingkat variabilitas jantung - interval antara detak jantung. "Tingkat variabilitas jantung adalah bagaimana jantung kita merespon stres," jelas Dr Miller. "Pada orang sehat cenderung cukup bervariasi - kadang-kadang 60 denyut per menit, kadang-kadang 65, kadang-kadang 70."

Dr Miller menambahkan bahwa tidak ada genre tertentu dari musik, yang paling baik untuk jantung. Anda hanya disarankan untuk mendengarkan lagu yang Anda cintai untuk menyehatkan jantung Anda.

5 dari 5 halaman

Bernyanyi bisa melawan asma

Ilustrasi asma. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Bernyanyi atau bermain alat musik tiup dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mereka yang memiliki penyakit paru-paru seperti asma dan penyakit kronis obstruktif pulmonar, istilah umum untuk emfisema. Bernyanyi membantu orang untuk belajar bernapas dengan lebih efektif, dengan menggunakan otot-otot perut untuk waktu lama. 

Sebuah penelitian di Jerman yang diterbitkan pada bulan April tahun ini juga menunjukkan bahwa orang yang memainkan alat musik tiup, terutama terompet, memiliki risiko lebih rendah menderita apnea tidur obstruktif.

Inilah lima manfaat menakjubkan dari mendengarkan musik dan bernyanyi. Semoga bermanfaat! [des]

Baca juga:
Mata kiri ada yang putih, kenapa ya?
Takut kena batu ginjal? Ini cara mencegahnya!
Tes 5 menit ini dapat tentukan hidup Anda 5 tahun ke depan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini