Segunung Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Sepotong Keju

Senin, 1 April 2019 00:17 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Segunung Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Sepotong Keju Ilustrasi keju. ©Shutterstock/Krzysztof Slusarczyk

Merdeka.com - Rasa lezat dan gurih dari keju menjadikan bahan makanan ini favorit banyak orang, baik tua maupun muda. Keju sendiri mengandung sejumlah manfaat di satu sisi namun juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi di sisi lain.

Pada manfaat positifnya, keju mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, zinc, dan fosfor. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari sepotong keju.

1. Menguatkan Tulang

Keju kaya dengan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kamu. Namun keju juga mengandung vitamin B yang membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Oleh karena itu anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia disarankan untuk mengonsumsi keju. Pasalnya, keju membantu untuk mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang.

2. Menyehatkan Gigi

Kalsium di dalam keju selain baik untuk kesehatan tulang juga baik untuk kesehatan gigi. Tak hanya mampu menguatkan gigi, keju juga dapat mencegah gigi berlubang yang disebabkan oleh plak dan asam yang diproduksi di mulut.

3. Mencegah Kanker

Keju mengandung asam linoleat dan sphingolipids yang membantu untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin B di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Berat Badan

Jika kamu bertubuh kurus dan ingin meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat, konsumsilah keju. Pasalnya, keju mengandung beberapa lemak sehat selain kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Hal ini dapat terjadi karena keju tinggi akan protein yang mampu membuat kamu kenyang lebih lama dan membantu penyerapan karbohidrat dalam makanan. Keju juga membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah kamu dan meningkatkan suasana hati kamu.

6. Baik untuk PMS dan kehamilan

Keju membantu untuk mengelola gejala PMS pada wanita. Keju juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab kalsium di di dalamnya baik untuk menyehatkan tulang bayi dan merangsang kontraksi selama persalinan. Bagi ibu menyusui, keju membantu untuk memperlancar ASI.

7. Menyehatkan Kulit, Rambut, dan Kuku

Vitamin B dan seng yang ditemukan di dalam keju bermanfaat untuk menjadikan kulit kamu halus, sehat, dan bercahaya. Pasalnya, vitamin B merangsang pertumbuhan sel kulit yang membuat kulit kamu menjadi lebih segar.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Keju mengandung tryptophan, asam amino yang membantu menurunkan kadar stres dan membuat kamu tidur dengan nyenyak. Makan sejumlah kecil keju dapat membantu menginduksi tidur dan mengobati insomnia sehingga kualitas tidur kamu pun meningkat.

Beragam manfaat besar tersebut bisa kamu dapatkan dari sepotong kecil keju. Untuk mendapat berbagai manfaat tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi keju baik secara langsung atau dicampur dengan makanan lain. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini